Kamis, 30 Jun 2016 12:37 WIB

Di Rumah Ini, Para Wanita Muda Sama-sama Berjuang Lawan Anoreksia

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Marie Hald
Malawa, Polandia - Terletak di tengah Desa Malawa, Polandia Selatan, rumah kecil bercat kuning yang mirip rumah Barbie ini tampak seperti rumah-rumah pada umumnya. Namun, siapa sangka jika di dalamnya tinggal para wanita muda yang tengah berjuang melawan anoreksia.

Rumah itu disebut dengan Drzewo Zycia atau Tree of Life, rumah sementara untuk sekelompok wanita muda yang mengalami gangguan makan. Untuk melihat dan mengabadikan suasana di rumah itu, fotografer asal Denmar Marie Hald pun berkunjung ke sana dan mengobservasi apa yang terjadi di rumah itu.

"Rumah itu seperti kamp musim panas dengan cuaca cerah dan suhu 32 derajat Celcius. Namun, tak ada orang yang mengira bahwa di dalamnya, semua orang benar-benar menderita dengan suasana hati yang sering tidak stabil," tutur Hald kepada CNN.

Kedatangan Hald disambut baik oleh pengelola rumah tersebut juga para wanita yang tinggal di sana. Beberapa hari berada di sana melakukan pengamatan, Hald pun memotret aktivitas yang dilakukan para wanita untuk proyek fotonya yang diberi judul 'The Girls from Malawa'.

Hald mengisahkan, setiap hari ada enam jadwal makan dan terapi yang dilakukan baik secara individu maupun berkelompok. Menurut Hald, para wanita yang sedang berjuang melawan ana (sebutan anoreksia oleh para pengidapnya) amat ramah. Setiap hari pun Hald melakukan apa yang dilakukan para gadis itu.

Baca juga: Ogah Makan, Ini yang Terjadi Pada Indra Perasa Pasien Anoreksia

"Setelah makan besar, tiap orang diwajibkan duduk di meja selama satu jam. Tujuannya, agar mereka bisa mencerna makanannya dengan baik dan mencegah mereka diam-diam berolahraga atau memuntahkan makanannya. Di siang hari, mereka beraktivitas di lantai dasar. Setelah jam 8 malam, mereka diminta mandi lalu pergi ke lantai atas untuk tidur di kamar masing-masing," papar Hald.

Ia mengatakan, kebanyakan para gadis yang usianya di bawah Hald memang terpapar body image atau citra tubuh yang sempurna, terutama dari sosial media seperti Facebook atau Instagram. Pengakuan itu salah satunya berasal dari Ania, salah satu penghuni Tree of Life yang berusia 16 tahun.

"Aku benar-benar tidak tahu bahwa mereka melakukan editan photoshop pada model di majalah atau bahkan orang-orang di Hollywood sudah melakukan operasi plastik," kata Ania.

Melalui proyek fotonya ini, Hald berharap kepedulian terhadap anoreksia bisa bertambah. Kemudian, body image yang positif dapat terbentuk, mengingat gangguan makan salah satunya anoreksia dialami sekitar 70 juta pria dan wanita di seluruh dunia, demikian menurut data World Eating Disorders Action Day Steering Committee.

"Gangguan makan bukan hanya sekadar ingin memiliki tubuh kurus tetapi lebih kompleks lagi di mana pengidapnya ingin mencari kesempurnaan dalam setiap aspek kehidupan. Tiap hari, wanita di sini mendengarkan anjuran dan wejangan dari perawat dan terapis hingga suatu hari mereka bisa meninggalkan 'ana' dari kehidupan mereka," tutur Hald.

Baca juga: Anoreksia, Saat Hamil Bobot Laura Hanya 52 Kg dan Cuma Makan 2 Roti Sehari

(rdn/vit)