Minggu, 03 Jul 2016 08:32 WIB

Laporan dari China

Mengintip Fasilitas Serba Lengkap di Modern Cancer Hospital Guangzhou

Melisa Mailoa - detikHealth
Fasilitas Serba Lengkap di Modern Cancer Hospital Guangzhou (Foto: Melisa Mailoa/detikHealth)
Guangzhou, China - Sebagai salah satu pusat pengobatan anti kanker di China, Modern Cancer Hospital Guangzhou terus meningkatkan pelayanannya di berbagai aspek. Dengan mengedepankan treatment invasif yaitu pengobatan kanker tanpa operasi, hasil pun lebih efektif, efek samping dan rasa sakit juga lebih minimal.

Rumah sakit yang berada di bawah tanggung jawab Departemen Kesehatan China ini juga mengusung modernisasi manajemen, layanan kemanusiaan, informasi digital melalui berbagai macam fasilitas yang tersedia.

Sejak didirikan pada tahun 2005, Modern Cancer Hospital Gungzhou masih terasa nyaman. Saat detikcom berkunjung pada Sabtu (2/7/2016), suasana jauh dari kesan angker. Para staf rumah sakit dengan sigap menyambut pasien yang berkunjung. Tak jauh berbeda, di lobby rumah sakit terdapat meja registrasi bagi pasien yang ingin mendaftar. Sementara bagi pasien luar negeri disediakan ruang International Patient Service Center yang disertai penerjemah bahasa.

"Terdapat 30 ribu pasien kami di seluruh dunia. Warna kulit berbeda, budaya dan keyakinan beragam serta bahasa juga berbeda. Tetapi hal tersebut bukan halangan. Berbeda tetapi di sini kami tetap satu," ujar Direktur Modern Cancer Hospital Guangzhou, Wang Huaizhong, sambil memperkenalkan rombongan pada staf registrasi.



Setiap kamar pasien dilengkapi dengan fasilitas memadai dan ekslusif. Seperti kamar standar dengan dua tempat tidur yang hanya dipergunakan untuk satu pasien saja. Disediakan satu set TV multinasional, keperluan laundry, kulkas dan dispenser untuk kebutuhan sehari-hari pasien dan keluarga pendamping. Fasilitas lebih lengkap dapat ditemui pada kamar VIP. Di dalamnya terdapat ruang tamu, pantry dan kamar mandi dalam. Kamar standar dihargai 258 RMB atau setara Rp 516 ribu dan kamar VIP dihargai 780 RMB atau Rp 1,5 juta.

Di samping pintu kamar pasien terdapat layar monitor yang menunjukan berbagai macam informasi. Seperti dokter dan suster yang bertanggung jawab serta status kondisi kesehatan pasien. Lampu di tiap pintu kamar juga menjadi indikator kesehatan pasien. Bila warna merah muncul berarti pasien sedang dalam keadaan darurat. Sedangkan warna biru menandakan ada dokter yang sedang berkunjung.



Pihak rumah sakit memahami selera maka pasiennya yang berbeda-beda. Oleh karena itu di setiap lantai kamar pasien disediakan pantry umum lengkap dengan kompor listrik dan oven. Bila merasa tidak cocok dengan makanan yang disediakan rumah sakit, pasien atau keluarga pendamping dari berbagai macam negara pun diizinkan memasak makanan mereka sendiri. Salah satu keluarga pasien dari Indonesia, Romasniary Simanullang merasa terbantu dengan adanya fasilitas pantry umum.

"Saya senang sih pas tahu di sini juga bisa masak sendiri. Jadi saya kan menemani suami yang mengidap kanker paru-paru. Kebetulan saya asalnya dari Medan ya, jadi setiap kali berobat sudah bawa bumbu dapur lengkap," katanya.



Baca juga: Ada Kecelakaan Saat Mudik? Layanan Darurat 119 Sudah Bisa Dimanfaatkan

Untuk membawakan hawa segar bagi pasien rumah sakit, pasien bisa berkunjung ke sky garden di lantai 4. Sebuah taman terbuka di atas gedung yang dirancang agar pasien bisa berolahraga atau sejenak melepas kepenatan. Rumah sakit menyediakan sebuah balai kayu untuk duduk serta kolam air terjun buatan.

Modern Cancer Hospital Guangzhou juga telah menyediakan kemudahan bagi pasien mancanegara yang ingin berkonsultasi tanpa harus datang ke China. Di ruangan Modern International Remote Consultation Center, pasien dapat berkonsultasi dengan dokter di China melalui kantor perwakilan di negara masing-masing. Melalui layar monitor yang terhubung dengan skype, pasien dapat langsung berkonsultasi dengan dokter. Sedangkan hasil diagnosa juga dapat dianalisa oleh dokter di layar monitor.

"Teknologi yang canggih dari Modern Cancer Hospital Guangzhou telah menarik para pasien khususnya negara Asia tenggara. Itu sebabnya kita mencari solusi dengan menghadirkan teknologi ini, ungkap Wang Huaizhong.

Atas pelayanan dan fasilitas internasional ini, tahun 2014 lalu Modern Cancer Hospital Guangzhou diganjar akreditasi tertinggi oleh pusat Lembaga Medis Amerika Joint Commission International (JCI) di Chicago, USA. Modern Cancer Hospital Guangzhou menjadi rumah sakit kanker di China yang pertama mendapatkan akreditasi JCI ke-lima.



Baca juga: Prosedur Deteksi Penumpang Guna Cegah Masuknya Infeksi Penyakit dari Negara Lain

(up/up)