Jumat, 12 Agu 2016 08:16 WIB

Perbanyak Senyum Bisa Bikin Panjang Umur Lho!

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Senyum bukan hanya pemanis wajah. Studi membuktikan memperbanyak senyum bisa membuat seseorang lebih panjang umur dan memiliki hidup yang lebih nyaman.

Dr Suzy Green, pakar psikologi dari University of Sydney, melakukan penelitian untuk melihat efek senyum yang tulus terhadap kualitas hidup seseorang. Partisipan diminta untuk berfoto sambil senyum dan dinilai skor ketulusan senyumnya.

Setelah 30 tahun, ditemukan bahwa orang-orang yang difoto dengan senyum tulus memiliki kehidupan yang lebih baik, kualitas hidup optimal dan memiliki umur yang lebih panjang. Menurut Dr Green, hal ini ada hubungannya dengan kondisi mental dan bagaimana seseorang memandang kehidupan.

Baca juga: Mengapa Seseorang Bisa Tertawa Saat Melihat Orang Lain Jatuh?

"Mereka yang dengan mudah mengeluarkan senyum tulus memiliki sikap yang lebih positif terhadap kehidupan. Hal ini membuat mereka lebih jarang stres dan berisiko kecil mengalami depresi, dua hal yang kita ketahui bersama merupakan pangkal dari penyakit di zaman modern," tutur Dr Green, dikutip dari ABC Australia.

Pakar emosi dan mental, Prof Barbara Fredrickson, membenarkan hal tersebut. Namun ia mengingatkan bahwa hanya senyum tulus yang dapat memberikan manfaat besar, bukan senyum terpaksa atau yang terlalu dibuat-buat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa senyum yang nyata hanya dapat dibawa oleh emosi positif yang nyata juga. Jadi dengan senyum yang terpaksa bisa dikatakan Anda juga telah memaksakan otot di sekitar mulut untuk tersenyum dan hal ini hampir tidak memberikan manfaat apapun.

Dr Green juga menyebut senyum merupakan salah satu bentuk dialectical behaviour therapy (DBT) bagi pasien yang mengalami gangguan psikologis. Terapi ini meminta pasien untuk tersenyum, sekecil apapun, ketika terbangun di pagi hari.

Tindakan sederhana ini ternyata memiliki efek besar. Pasien yang menjalani terapi senyum diketahui memiliki kontrol diri yang lebih baik dan terhindar dari emosi-emosi negatif yang bisa memengaruhi proses pengambilan keputusan.

"Senyum, apapun bentuknya, dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Dunia sekarang kekurangan senyum dan apa salahnya tersenyum lebih sering?" urainya.

Baca juga: Ikhlas, Kunci Agar Degup Jantung Terjaga Meski Dihadapkan Situasi Sulit


(mrs/vit)
News Feed