Selasa, 23 Agu 2016 17:41 WIB

Ini Alasannya Operasi Bariatrik Butuh Penanganan Berbagai Spesialis

Martha HD - detikHealth
Ilustrasi operasi (Foto: thinkstock)
Jakarta - Untuk memaksimalkan operasi bariatrik guna menurunkan berat badan, butuh penanganan dari berbagai spesialis, baik sebelum ataupun seusai operasi. Tujuannya agar pasien mendapatkan hasil maksimal.

Nah, salah satu yang perlu terlibat dalam kegiatan ini adalah spesialis bedah plastik. Peran dokter spesialis bedah plastik baru dilakukan setelah pasien selesai menjalani prosedur bariatrik.

"Misalnya pasien telah kehilangan setengah bobot badan, maka kulit menjadi kendur. Di sini peran operasi plastik unuk mengonstruksikan dan merevisinya kembali," jelas dr Errawan Wiradisuria, SpB KBD, M Kes dari Rumah Sakit Mayapada Lebak Bulus dalamkonferensi pers 'Bedah Bariatrik dengan 8 Multidisiplin Ilmu yang pertama di Indonesia' di Rumah Sakit Mayapada, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (20/08/2016)

Selain itu, ahli gizi juga memiliki peran dalam metode bariatrik. Tugasnya untuk menjaga pola makan yang diasup oleh pasien agar berat badan menjadi ideal.

Baca juga: Yang Perlu Anda Tahu tentang Operasi Bariatrik untuk Turunkan Berat Badan

"Maka dari itu operasi ini merupakan multidisplin. Misalnya orang yang gemuk yang mengalami sleep apnea butuh bantuan juga dari spesialis lainnya, sehingga lama-lama akan hilang sleep apnea-nya," jelas dr Errawan.

Konsultasi ke psikiater juga guna perlu untuk memastikan apakah pasien berkomitmen untuk menjalani pemeriksaan kesehatan secara berkala setidaknya selama 3-5 tahun pasca operasi. Ketika kejiwaan pasien mantap, maka operasi bisa dilakukan.

Sementara orang dengan psikologis tidak stabil maka tidak dianjurkan menjalani prosedur ini. Kriteria lain pasien yang tidak disarankan melakukan prosedur ini di antaranya yang memiliki masalah berat lain seperti komplikasi pada paru atau jantung, kemudian lumpuh.

Menurutnya saat ini, bedah bariatrik belum terlalu populer. Jumlah pasien yang menjalaninya masih sedikit.

"Dengan adanya simposium bedah bariatrik dengan multidisiplin manajemen yang pertama di Indonesia ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan lebih mendalan kepada medis profesional dan warna baru bagi industri kesehatan Indonesia," jelas dr Senta Lucia Kumukur, Direktur Rumah Sakit Mayapada.

Baca juga: Laparoscopic Sleeve Gastrectomy, Operasi untuk Alternatif Atasi Obesitas (vit/vit)