Jumat, 02 Sep 2016 20:02 WIB

Rahasia Sehat Zivanna Letisha: Jauhi Rokok dan Perbanyak Makan Sayur

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Ajeng Annastasia/detikHealth
Jakarta - Sadar betul bahwa rokok dapat merusak kesehatan, Zivanna Letisha (27) selalu berupaya menjauhi benda tersebut. Hal itu disebut oleh Zivanna merupakan salah satu kunci kebugarannya.

Padahal sejak kecil ia selalu dikelilingi dengan para perokok, mulai dari lingkup keluarganya sendiri. Namun hal itu tak membuatnya penasaran mencoba rokok, dan justru menjadikannya antirokok.

"Saya tidak pernah sama sekali cobain rokok, walaupun saya lihat orang tua saya merokok. Menurut saya merokok itu bikin udara jadi sumpek. Napas juga tidak enak," ujar Puteri Indonesia tahun 2008 tersebut saat ditemui usai peluncuran iklan kampanye 'Rokok Merusak Tubuhmu' di Gedung Kementerian Kesehatan RI, Jl HR Rasuna Said, Jakarta, Jumat (2/9/2016).

Baca juga: Tekan Angka Perokok Baru, Kemenkes Serukan Tagar #SuaraTanpaRokok

Selain merasa tak nyaman dengan udara yang penuh asap rokok, alasan Zivanna enggan mencoba rokok adalah karena tak mau merusak kesehatannya. Terlebih kakeknya diketahui meninggal akibat kanker paru-paru.

"Saya percaya di sekeliling kita masih banyak yang merokok, anak-anak kecil pun sudah banyak yang sudah merokok. Menurut saya ini peran keluarga di rumah yang berperan. Ayah dan ibu harus bisa mengontrol pergaulan anak, apa yang dikonsumsi. Jangan dibiarkan anak diberi ruang sebebas-bebasnya tapi harus tetap diawasi dan dibimbing," pesan Zivanna.

Tak cuma menjauhi rokok dan asap rokok, Zivanna mengaku tubuh sehatnya juga didapat karena ia sangat peduli dengan makanan yang dikonsumsi. Jenis makanan dengan kolesterol tinggi seperti jeroan pun tak pernah ia konsumsi.

"Jeroan-jeroan begitu saya hindari, karena kebiasaan di keluarga pun tidak membiasakan saya makan jeroan. Kebanyakan makanan yang dihidangkan ya sayur, tahu, tempe, ikan, dan daging. Saya juga saat ini sedang senang detoks, perbanyak minum jus sayur dan buah," imbuhnya.

Baca juga: Soal Menurunkan Jumlah Perokok, Thailand Lebih Sukses dari Indonesia (ajg/up)