Rabu, 14 Sep 2016 15:14 WIB

Moobs, Bahasa Gaul untuk 'Payudara' Pria Resmi Masuk Kamus Oxford

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Semula, moobs adalah sebutan tidak resmi untuk 'man boobs' alias payudara yang membesar pada pria. Istilah tersebut kini resmi diakui dalam Oxford English Dictionary.

Masuknya moobs dalam kamus tersebut berbarengan dengan istilah-istilah baru lainnya, termasuk YOLO (You Only Live Once). Reuters menyebut, kamus Oxford memang diperbaharui setiap 3 bulan, dan pembaruan terakhir dilakukan September ini.

Dalam kamus tersebut, moobs diartikan sebagai 'deposits of excess fat on a man's chest that resemble a woman's breasts'. Lemak berlebih di bagian dada pria yang dalam kedokteran disebut gynaecomastia ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, misalnya kegemukan atau gangguan hormon.

Menurut sebuah penelitian, paparan bahan kimia Bisphenol-A (BPA) yang ditemukan dalam plastik juga bisa memicu pertumbuhan moobs. Eksperimen bahkan membuktikan senyawa beracun ini bisa menumbuhkan kelenjar susu pada tikus jantan.

Baca juga: Awas, Payudara Pria Bisa Membesar Gara-gara Makanan Ini

Meski umumnya tidak berbahaya, moobs dianggap bisa menganggu penampilan. Celakanya lagi, moobs biasanya tidak bisa dihilangkan begitu saja hanya dengan olahraga. Kadang-kadang, butuh operasi untuk membuang kelebihan lemak tersebut.

Data di Inggris menunjukkan adanya peningkatan permintaan operasi untuk mengecilkan payudara pada pria. Di kalangan pria, operasi mengecilkan payudara menempati urutan pertama jenis operasi plastik yang paling diminati.

Baca juga: Hmm, Kini Makin Banyak Laki-laki yang Berminat Permak Payudara (up/vit)