Selasa, 27 Sep 2016 11:36 WIB

Bahagia atau Tidaknya Pasangan Terkait Kemungkinan Panjang Umur Seseorang

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Rahasia panjang umur bukan hanya rutin olahraga, makan makanan sehat atau kualitas tidur yang baik. Pakar mengatakan hubungan dengan pasangan memengaruhi kondisi kesehatan secara umum, yang secara tidak langsung menentukan apakah seseorang akan memiliki umur panjang atau tidak.

William Chopik, PhD, asisten profesor psikologi dari Michigan State University sekaligus pemimpin studi mengatakan kebahagiaan pasangan berbanding lurus dengan kondisi kesehatan. Semakin bahagia pasangan, semakin baik pula kondisi kesehatan Anda.

"Hanya dengan mengetahui kondisi pasangan bisa membuat seseorang mengambil keputusan yang buruk. Hubungan yang tidak harmonis di rumah bisa membuat seseorang lebih sering mengonsumsi alkohol atau bahkan menggunakan narkoba," tutur Chopik, dikutip dari Medical Daily.

Baca juga: Terkadang Bahagia Itu Sesimpel Mengajak si Kecil Bermain

Penelitian Chopik dilakukan pada 1.981 pasangan menikah di Amerika Serikat dengan rentang usia 50-94 tahun. Partisipan diminta mengisi survei terkait kebahagiaan dan kepuasan hidupnya. Setelah itu, kondisi kesehatan partisipan diperiksa secara menyeluruh.

Hasil penelitian yang diterbitkan di jurnal Health Psychology ini mengungkap ada kaitan kuat antara interaksi sosial pasangan terhadap kondisi kesehatan. Pasangan yang bahagia akan lebih memperhatikan kondisi kesehatan satu sama lain dan mempromosikan gaya hidup sehat seperti tidur teratur, makan makanan bergizi dan olahraga.

Di sisi lain, hubungan yang tidak harmonis membuat suami dan istri lebih fokus pada stres dan masalahnya sendiri. Hal ini membuat pasangan jarang berkomunikasi dan akhirnya berujung pada praktik gaya hidup tak sehat seperti merokok dan minum alkohol.

Chopik mengatakan penelitian ini menjadi bukti bahwa hubungan antara kesehatan jasmani dan kebahagiaan sangat erat dan unik. Karena itu untuk menjalani gaya hidup sehat, faktor kebahagiaan juga harus diperhatikan.

"Membuat pasangan bahagia sama baiknya seperti membahagiakan diri sendiri," tutupnya.

Baca juga: Pasutri 'The Fault in Our Stars' di Dunia Nyata Meninggal, Hanya Selang 5 Hari

(mrs/vit)