Senin, 10 Okt 2016 16:02 WIB

Punya Pengalaman Kena Kista, Agni Pratistha Sarankan Rajin Periksa ke Dokter

Firdaus Anwar - detikHealth
Agni Pratistha (Foto: Firdaus Anwar/detikHealth) Agni Pratistha (Foto: Firdaus Anwar/detikHealth)
Jakarta - Putri Indonesia 2006 Agni Pratistha pernah jatuh sakit karena jarang melakukan cek kesehatan. Ia tak ingin orang sekitarnya alami hal yang sama, oleh karena itu selalu mendorong agar teman dan keluarga rajin periksa ke dokter.

Ditemui dalam kampanye kesehatan kanker payudara Jakarta Goes Pink, Agni merasakan sendiri bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Tahun 2010 dirinya didiagnosa dengan kista indung telur hanya berawal dari rasa sakit menstruasi yang sering diabaikan.

"Orang bilang menstruasi sakit itu sih udah biasa tapi sebetulnya enggak. Jadi aku suka suarain ke teman-teman ayo jujur sama dokter jangan nunda-nunda," kata Agni kepada detikHealth dan ditulis, Minggu (9/10/2016).

"Aku orangnya takutan. Dulu pernah kena kista terus aku merasa itu tuh cuma karena aku lalai enggak papsmear," lanjutnya.

Terkait dengan bulan kesadaran kanker payudara yang jatuh tiap Oktober, Agni berkomentar bahwa sebetulnya orang-orang sedikit banyak sudah tahu tentang kanker payudara. Hanya saja mereka menutup mata tidak ingin terlalu memerhatikannya karena takut.

Baca juga: Pernah Ada Benjolan di Payudara, Alya Rohali Rutin Cek Kesehatan Tiap Tahun

Disarankan agar setiap wanita usia 25 tahun ke atas untuk memeriksakan diri dua atau tiga tahun sekali. Sementara itu untuk wanita usia 40 tahun ke atas karena risikonya semakin besar maka disarankan periksa setahun sekali.

Selain itu disarankan juga pada semua wanita untuk melakukan gerakan periksa payudara sendiri (SADARI). Dengan cara tersebut setidaknya bila ada perubahan mencurigakan seperti misalnya muncul benjolan dapat segera diketahui.

"Sebenarnya ini merupakan sesuatu yang orang banyak sudah tahu tapi memilih enggak tahu karena takut. Aku selalu bilang ke teman-teman kalau aku rutin setiap ulang tahun pasti check up," kata Agni.

Baca juga: Agar Tak Membosankan, Para Artis Suarakan Edukasi Kanker Payudara Lewat Film

(fds/up)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya