Jumat, 14 Okt 2016 17:32 WIB

Anak Bisa Tersetrum karena Memasukkan Ujung Charger ke Mulutnya?

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Internet
Jakarta - Di media sosial dan pesan elektronik berantai muncul foto dan kabar anak yang tengah digendong laki-laki dewasa dengan deskripsi bocah itu meninggal tersetrum. Menurut cerita, hal tersebut terjadi karena sang bocah memasukkan kabel charger yang terhubung dengan sumber listrik ke dalam mulutnya.

Apakah hal tersebut benar terjadi?

Nyatanya gambar yang sama pernah muncul dalam sebuah postingan lain di Facebook yang mengatakan bahwa sang bocah meninggal terkena peluru nyasar dari tembakan perayaan kemenangan pertandingan bola tim Iraq versus Iran. Tidak ada sumber menyebut dari mana gambar diambil.

"Gadis kecil ini meninggal karena tembakan setelah perayaan kemenangan tim," tulis halaman Facebook Iraqi Professional Players.

Baca juga: Dahsyatnya Efek Tersetrum Listrik

Lalu untuk ketigakalinya gambar kembali muncul tersebar luas namun dengan cerita berbeda. Disebut sang gadis adalah korban peperangan di Suriah dan menjadi propaganda.

Pada intinya tidak ada konfirmasi jelas apa yang terjadi dalam foto. Apakah benar gadis tersebut meninggal atau hanya mengidap kondisi tertentu saja.

Terkait apakah bisa seseorang meninggal tersetrum karena menelan kabel charger para insinyur elektronik dalam forum online berpendapat umumnya ada isolator pada ujung kabel sehingga secara teori seharusnya aman. Kita bahkan bisa memegang langsung bagian metal ujung charger untuk membuktikan apakah akan tersetrum atau tidak.

Namun pada beberapa kasus di mana isolator rusak, memang ada kemungkinan aliran listrik keluar menyetrum. Hanya saja daya yang dihasilkan terutama untuk charger peralatan elektronik kecil tidak akan cukup membuat cedera parah apalagi menghilangkan nyawa.

Meski demikian, ada baiknya tidak membiarkan anak memasukkan barang-barang ke mulutnya. Karena bisa jadi ujung charger melukai gusi atau mulut si anak, utamanya yang masih berusia dua tahun ke bawah.

Baca juga: Kesetrum di Mal, Bocah Ini Sempat Lumpuh Total (fds/vit)