Selasa, 01 Nov 2016 15:30 WIB

Punya Masalah Gigi Sensitif? Yuk Dicek, Mungkin Ini Sebabnya

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Studi yang dilakukan IPSOS Tracking Study pada tahun 2013 menyebut bahwa keluhan gigi sensitif terjadi pada sekitar 43 persen penduduk Indonesia usia 12 tahun ke atas. Banyaknya angka tersebut dikatakan ahli karena masyarakat belum terlalu mengerti bagaimana menjaga kesehatan rongga gigi.

Ketua Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGAI) drg Udijanto Tedjosasongko, SpKGA (K), PhD, mengatakan gigi sensitif umumnya muncul karena ada pori-pori gigi yang terbuka terlalu lebar. Pori-pori tersebut pada kondisi normalnya memiliki fungsi agar gigi bisa merasakan sensasi makanan atau minuman yang masuk.

"Pori-pori itu fungsinya adalah untuk merasa makanan minuman terasa panas atau dingin. Kalau gigi kita benar-benar padat seperti kayu, tidak ada sensasi yang akan terasa karena di dalam gigi kan ada sarafnya," kata dr Udijanto dalam temu media di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (1/11/2016).

Mengapa pori-pori gigi bisa melebar? dr Udijanto mengatakan ada tiga hal yang umum jadi penyebab: pertama karena adanya demineralisasi oleh zat asam hasil fermentasi bakteri, kedua karena genetik, dan ketiga karena cara menyikat gigi yang salah.

Baca juga: 5 Fakta yang Harus Diketahui Soal Gigi Sensitif

Khusus untuk cara menyikat gigi yang salah dr Udijanto menerangkan ini karena seseorang menyikat gigi terlalu kuat. Akibatnya bukan gigi jadi bersih melainkan permukaan terkikis membuat pori-pori semakin terbuka lebar.

"Gigi kita kena abrasi karena terlalu kencang maju mundur menyikat dengan tekanan sedemikian heboh. Efeknya bagian leher gigi akan ada bentukan halus tajam kelihatan seperti tertatah, kalau sudah begitu bukan" kata dr Udijanto.

Bagaimana cara menyikat yang baik dijelaskan oleh dr Udijanto dengan gerakan memutar halus. Sikat ditarik dari arah luar dekat dengan gusi ke arah bagian tengah gigi.

Bila memang sudah terlanjur ada kerusakan, maka dokter bisa melakukan prosedur penambalan pori-pori gigi dengan lapisan fluoride.

Baca juga: Begini Caranya Agar Tidak Tersiksa Gigi Sensitif


(fds/vit)