Rabu, 02 Nov 2016 13:08 WIB

Saat Tak Enak Badan, Tetap Olahraga atau Stop Dulu Ya? Ikut Polling Yuk!

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Keluhan ringan seperti batuk pilek sering menghadirkan dilema bagi keberlangsungan jadwal olahraga. Jika dilanjutkan khawatir kondisinya memburuk, tetapi kalau berhenti terkadang badan malah semakin terasa tidak enak.

Jadi apa yang sebaiknya dilakukan saat ada keluhan seperti itu, tetap melanjutkan rutinitas olahraga biar badan terasa lebih segar atau istirahat dulu sementara sampai sembuh benar?

Ada banyak pendapat tentang kondisi yang dilematis ini. Salah satu pendapat menyebut batasannya adalah 'leher ke atas'. Jika keluhan tidak enak badan hanya ada di area leher ke atas, maka olahraga ringan tetap aman dilakukan. Bagi sebagian orang, mungkin bisa membuat badan jadi lebih segar.

"Olahraga biasanya aman jika gejalanya di atas leher. Tanda dan gejalanya mencakup pilek, hidung meler, hidung tersumbat, bersin, atau sariawan ringan," tulis Edward R Laskowski, dikutip dari Mayo Clinic, Rabu (2/11/2016).

Walau demikian, Laskowski menyarankan untuk mengurangi intensitas serta durasi berolahraga. Misalnya jika biasanya lari, untuk sementara cukup jalan kaki.

Baca juga: Saat Tak Enak Badan, Olahraga Sebaiknya Stop atau Lanjut?

Olahraga saat tidak enak badan sebaiknya dihindari jika gejalanya ada 'di bawah leher'. Misalnya dada terasa sesak, batuk yang mengganggu, dan perut yang tidak nyaman. Apalagi, jika disertai demam. Memaksakan diri untuk olahraga pada kondisi seperti ini, dipastikan akan memperburuk gejala.

Nah bagaimana dengan pembaca sekalian, pilih tetap olahraga atau istirahat dulu sampai sehat? Ikuti polling #dHealthSurvei dengan memilih jawaban yang sesuai di bawah ini:



Jangan lupa sertakan alasannya ya. Salam sehat!

Baca juga: Ini Risikonya Jika Terlalu 'Maksa' Saat Olahraga (up/vit)