Kamis, 03 Nov 2016 12:06 WIB

Aneka Komplikasi yang Muncul Jika Radang Tenggorokan Tak Ditangani dengan Tepat

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Halaman 1 dari 5
Foto: Thinkstock
Jakarta - Radang tenggorok atau sakit tenggorokan memang bukan penyakit berbahaya yang mengancam nyawa. Dengan pengobatan yang tepat dan benar, radang tenggorok bisa sembuh dalam waktu 5-7 hari.

Meski begitu, dr Syahrial M Hutauruk, SpTHT-KL, Ketua Divisi Laring Faring, Departemen Telinga, Hidung dan Tenggorok, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - RS Cipto Mangunkusumo, mengatakan penanganan radang tenggorok akut yang tidak tepat dapat membuat penyakit menjadi kronis, dan menimbulkan risiko komplikasi.

"Pengobatan tak tepat itu misalnya beli antibiotik sendiri ke apotek tanpa resep dokter, atau berobat ke dokter tapi antibiotiknya tidak habis karena merasa gejala sudah reda, ini bisa meningkatkan risiko radang tenggorok mengalami komplikasi ke bagian sekitar kepala dan leher lainnya," tutur dr Syahrial, beberapa waktu lalu.

Ia menyebut komplikasi radang tenggorok bisa menyerang hidung, telinga, hingga leher. Lalu, komplikasi apa saja yang bisa muncul? Berikut 4 di antaranya: (mrs/vit)