Selasa, 08 Nov 2016 07:36 WIB

Ketika Perisai Captain America Jadi Penutup Payudara Ibu Saat Susui Bayinya

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Facebook/ Breastfeeding Mama Talk
San Antonio - Pada 29 Oktober lalu, Sara Campbell-Hernandez menghadiri Alamo City Comic Con. Ia dan suaminya, Rudy serta anak tirinya Sandra mengenakan kostum The Avenger.

Sara memakai kostum Black Widow sementara bayinya, Rowan, yang berusia hampir satu tahun memakai baju Captain America, lengkap dengan perisainya. Ketika Rowan ingin menyusu, Sara segera mencari tempat sepi untuk menyusui bayinya.

Setelah menemukan tempat yang cocok, Sara menyusui Rowan. Uniknya, perisai Captain America yang digunakan Rowan dimanfaatkan Sara untuk menutupi payudaranya. Tak mau melewatkan momen ini, Rudy pun memotret Sara yang sedang serius menyusui Rowan.

"Perisai Captain America diletakkan dengan sempurna dan saat itu, suami saya berkata 'Tunggu, ini adalah gambar yang sempurna'," kata Sara, dikutip dari Huffington Post.

Rudy lantas mengunggah foto Sara di halaman Facebook Breastfeeding Mama Talk. Tujuan Rudy melakukan hal itu, tak lain ingin menunjukkan betapa hebatnya Sara sebagai seorang ibu. Selain itu, Rudy ingin membantu menghapuskan stigma ibu menyusui di tempat umum.

"Ini istri saya saat menghadiri Comic Con. Bahkan, superhero perlu mengisi bahan bakar," demikian keterangan foto Sara yang diunggah di halaman Facebook Breastfeeding Mama Talk.

Sejak diunggah pada 2 November lalu, foto ini mendapat emotikon like, love, dan laugh dari lebih 9.300. Sekitar lebih dari 370 pengguna Facebook pun sudah membagikan foto ini. Mayoritas pengguna menyampaikan rasa salut dan apresiasinya atas apa yang dilakukan Sara.

Baca juga: Ibu Bekerja Ingin Hasilkan ASI 3 Liter dalam Sehari? Yuk Simak Kiat Fero

Amy Acobacey menuliskan bahwa memproduksi susu dan memperpanjang hidup adalah kekuatan yang luar biasa. Sementara, pengguna lain, De Phimeru mengatakan tidak ada kekuatan yang lebih super dibanding kekuatan memberi hidup dan menyediakan kelangsungan hidup.

"Terima kasih semua. Kostum Black Widow ini bisa berguna dengan sempurna dan saya yakin retsleting depan adalah alasannya," tulis Sara saat menanggapi komentar para netizen.

Terkait menyusui di tempat umum, aktivitas itu memang bisa jadi tantangan tersendiri bari para ibu. Termasuk di Indonesia, masih ada beberapa orang yang menganggap menyusui di tempat umum adalah hal tabu. Menanggapi hal ini, eks Menteri Kesehatan dr Nafsiah Mboi, SpA, MPH mengatakan sudah seyogianya orang bisa menerima ketika ibu harus menyusui bayinya di tempat umum.

"Tak perlu si ibu dianggap melakukan hal-hal yang tidak semestinya. Asalkan, ibu pun menggunakan apron atau kain penutup lain ketika menyusui. Meskipun, memang saat ini telah banyak disediakan ruang laktasi di fasilitas umum yang pastinya bisa memudahkan ibu jika ingin menyusui bayinya," kata Nafsiah.

Baca juga: Sering Bersama di Tempat Tidur, Ibu Lebih Rajin Menyusui Bayinya

(rdn/vit)