Sabtu, 19 Nov 2016 11:35 WIB

Selain Alkohol dan Hepatitis, Ini 4 Hal Lain yang Bisa Sebabkan Siroris Hati

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Halaman 1 dari 5
Foto: Lamhot Aritonang Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Politisi Partai Demokrat Sutan Bhatoegana meninggal hari ini. Sutan didiagnosis meninggal karena kanker hati dan sudah sejak bulan lalu dirawat di rumah sakit.

Kanker hati merupakan komplikasi serius dari penyakit pengerasan hati yang dikenal juga dengan nama sirosis hati. Konsumsi alkohol dan penyakit hepatitis merupakan penyebab utama terjadinya sirosis hati.

Dikutip dari Mayo Clinic, sirosis menyebabkan jaringan hati mengeras sehingga tidak berfungsi dengan baik. Normalnya, hati berfungsi untuk menetralkan racun-racun di dalam tubuh, serta membersihkan darah. Jaringan hati yang telanjur mengeras tidak bisa dipulihkan lagi.

Infeksi hepatitis kronis, yakni hepatitis B dan C, jika tidak diobati bisa berujung pada sirosis. Demikian juga dengan penyalahgunaan alkohol, bisa memicu perlemakan hati yang lama kelamaan juga bisa berkembang menjadi sirosis.

Meski begitu, bukan hanya infeksi hepatitis dan konsumsi alkohol saja yang dapat menyebabkan sirosis hati. Dirangkum detikHealth dari berbagai sumber, berikut 4 hal lain yang dapat menyebabkan sirosis hati, mulai dari penggunaan herba dan suplemen hingga terlalu sering begadang.

Baca juga: Mengenal Sirosis dan Kanker Hati, Kondisi yang Diidap Sutan Bhatoegana di Penghujung Usia (mrs/up)
News Feed