Senin, 05 Des 2016 09:33 WIB

Kasus Langka! Sistem Imun Wanita Ini Menyerang Otaknya Sendiri

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Colorado - Seorang wanita muda usia 27 tahun dari Colorado, Amerika Serikat, dilarikan ke rumah sakit dengan gejala yang dideskripsikan sebagai perilaku aneh. Dalam waktu seminggu tiba-tiba saja dirinya yang sehat alami gangguan mulai dari lupa ingatan, sering gelisah, halusinasi, hingga gerakkan tubuh yang tidak disengaja.

Kepada dokter sang pasien wanita mengaku tak pernah terlibat dalam gaya hidup yang berisiko seperti mengonsumsi minuman beralkohol, rokok, atau narkoba. Oleh karena itu awalnya sang wanita sempat dikira mengalami gangguan mental.

Baca juga: Meski Paru-parunya 'Terluka', Pria ini Sanggup Selesaikan Maraton

Namun setelah pemeriksaan lebih jauh tidak ditemukan ada tanda-tanda untuk gangguan mental. Dokter lalu melihat kemungkinan infeksi, efek racun, atau gangguan metabolik sebagai penyebab semua gejala aneh yang dialaminya.

dr Susan Mathai yang menangani kasus pada akhirnya melihat kemungkinan bentuk penyakit autoimun langka bernama anti-NMDA receptor ensefalitis. Kondisi ini muncul ketika sistem imun menyerang anggota tubuh yang sehat dan secara spesifik yaitu bagian reseptor NMDA di otak.

Dikutip dari Live Science pada Senin (5/12/2016), ketika sistem imun ini menyerang maka kerusakan yang ditimbulkan pada otak dapat memicu berbagai gejala. Nah pada kasus pasien wanita, dirinya terbukti memiliki kondisi tersebut setelah kadar antibodinya ditemukan terlalu tinggi pada cairan otak.

"Ini adalah kondisi langka tetapi tidak terlalu langka seperti yang dibayangkan orang-orang," kata dr Susan.

Apa yang jadi mendorong sistem imun sang wanita menjadi 'liar' tiba-tiba? Menurut dr Susan kemungkinan besar karena adanya pertumbuhan tumor. Di ovarium sang wanita memang diketahui ada hadirnya tumor dan setelah diangkat pasien melaporkan adanya perbaikan gejala.

Pasien harus melewati proses pencucian darah selama kurang lebih lima hari untuk mengembalikan sistem imunnya ke tingkat semula.

Baca juga: Kasus Langka, Ibu Ini Kena Stroke Saat Hamil karena Efek Samping Bayi Tabung


(fds/vit)