Senin, 05 Des 2016 10:34 WIB

Ini Penjelasan di Balik Halusinasi Pengidap Skizofrenia

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Skizofrenia merupakan salah satu jenis penyakit kesehatan jiwa. Penyebabnya belum diketahui past,i namun belakangan studi mendapat satu temuan dari aspek gejala khasnya yaitu halusinasi.

Mengapa pengidap skizofrenia kerap berhalusinasi mendengar suara yang tidak jelas? Menurut studi yang dipublikasi di jurnal Nature Medicine diketahui ada molekul microRNA yang hilang bernama miR-338-3p.

Peneliti di St. Jude Children's Research Hospital dengan menggunakan tikus laboratorium mengatakan microRNA tersebut berkaitan dengan bagian otak yang diduga menjadi sumber halusinasi. Mengapa bisa hilang kemungkinan besar karena faktor genetik.

Baca juga: Studi Ini Sebut Diet Ketogenik Bermanfaat bagi Pasien Skizofrenia

Salah satu peneliti Stanislav Zakharenko, MD, PhD, menjelaskan ketika miR-338-3p ini hilang atau berkurang maka tingkat beberapa protein di otak menjadi meningkat. Peningkatan protein lalu mengganggu proses pengolahan informasi sehingga terjadi ketidakseimbangan dan akhirnya muncul halusinasi.

Menurut studi seorang anak yang diketahui tak memiliki miR-338-3p akan lebih berisiko memiliki masalah perilaku. Ketika beranjak dewasa maka ada kemungkinan sekitar 23-43 persen masalah berkembang hingga menjadi skizofrenia.

Kini studi tengah berkembang mencari obat yang dapat digunakan untuk mengisi peran microRNA. Setahun sebelumnya sudah ada obat yang dikembangkan namun diketahui memiliki efek samping yang lumayan besar.

"Pada tahun 2014 kami sudah mengidentifikasi sirkuit otak spesifik yang bisa ditargetkan oleh obat antipsikotik. Hanya saja, obat antipsikotik yang ada juga dapat menyebabkan efek samping yang hebat," ungkap Stanislav seperti dikutip dari situs resmi St. Jude Children's Research Hospital.

Baca juga: Nonton Film Animasi Disebut Bisa Bantu Deteksi Psikosis Tahap Awal


(fds/vit)
News Feed