Jumat, 16 Des 2016 11:02 WIB

Belum Menentukan Resolusi Sehat untuk Tahun Depan? Coba yang Satu Ini

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Seperti yang sudah-sudah, momen pergantian tahun selalu diisi dengan berbagai resolusi termasuk soal kesehatan. Jika belum punya pilihan, tidak ada salahnya mempertimbangkan yang satu ini.

Sebuah penelitian yang dilakukan para ilmuwan di University of Arizona mengungkap bahwa lari secara teratur bisa memberikan perubahan pada fungsi otak. Tentu saja mengubahnya menjadi lebih baik, khususnya dalam hal menyimpan memori atau ingatan.

Hal ini terungkap saat para ilmuwan mengamati 11 pelari pria, dan membandingkannya dengan 11 pria yang sama sekali tidak berolahraga dalam setahun belakangan. Pelari perempuan tidak dilibatkan dalam penelitian karena memiliki siklus hormonal yang dikhawatirkan bisa berpengaruh pada pengamatan.

Selain mengamati level kebugaran dan mencatat rutinitas olahraga, para ilmuwan juga melakukan pengamatan pada struktur otak para partisipan dengan MRI (Magnetic Resonance Imaging). Pada area yang mengatur fungsi ingatan, para ilmuwan menemukan perbedaan.

Baca juga: Tips Memaksimalkan Pembakaran Kalori Saat Jalan Kaki

Para otak partisipan yang rajin berlari, ditemukan adanya peningkatan konektivitas antar bagian otak yang berhubungan dengan fungsi memori. Demikian juga dengan aktivitas di area tertentu, ada peningkatan yang menunjukkan kemampuan lebih baik dalam menjaga fokus saat berpikir.

"Bagi saya, ini menunjukkan bahwa lari mungkin bukan semacam aktivitas sederhana sama sekali," kata Prof Gene Alexander yang memimpin penelitian tersebut, dikutip dari Dailymail.

Para ilmuwan belum bisa memastikan apakah efek yang sama juga ditemukan pada jenis olahraga yang lain, seperti bersepeda atau berenang. Namun yang pasti, olahraga secara teratur dibutuhkan untuk menjaga tingkat kebugaran dan menurunkan berbagai risiko penyakit.

Baca juga: Membandingkan Cedera ACL Andik Vermansah dengan Cristiano Ronaldo (up/vit)