Jumat, 06 Jan 2017 14:30 WIB

Kaitan Diabetes dan Tubuh Makin Kurus Seperti Dialami Oon 'Project Pop'

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Instagram
Jakarta - Kondisi tubuh seseorang bisa berubah pasca didiagnosis suatu penyakit. Misalnya saja pada sebagian pasien diabetes, ada yang tubuhnya makin kurus setelah diagnosis ditegakkan.

Seperti yang dialami salah satu personel 'Project Pop', Oon. Pria bernama lengkap Muhammad Fachroni itu dulunya bertubuh gemuk. Setelah didiagnosis diabetes saat berumur 28 tahun, kondisi tubuh Oon makin kurus. Bahkan, pria 44 tahun ini sempat beberapa kali dirawat di RS.

Pada sebagian pasien diabetes, tubuh yang makin kurus bisa saja terjadi. Lantas, bagaimana mekanisme diabetes bisa membuat tubuh mengurus? Ketua Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) Prof Dr dr Ahmad Rudjianto SpPD-KEMD menjelaskan pada orang gemuk, pada prinsipnya terjadi penumpukan lemak di bawah kulit atau sekitar organ tubuh.

Kemudian, perlu diingat bahwa sel tubuh, terutama sel otot, juga sel lainnya membutuhkan energi untuk tetap hidup. Nah, energi yang digunakan berasal dari gula. Agar gula bisa masuk ke dalam sel tubuh, diperlukan perantara insulin.

Baca juga: Manfaat Olahraga untuk Pasien Diabetes Seperti Invisible Insulin

"Pada pasien diabetes, kan ada gangguan di insulinnya. Sehingga, gula nggak bisa masuk ke sel. Padahal, sel kan butuh energi untuk tetap hidup. Akhirnya, karena gula nggak bisa dipakai, sumber energi diambil dari lemak," kata Prof Rudi saat dihubungi detikHealth, Jumat (6/1/2017).

Oleh karena itu, lemak yang ada dalam tubuh lantas berkurang hingga tubuh seseorang pun makin kurus. Prof Rudi mengingatkan, kondisi ini bisa saja terjadi pada sebagian pasien diabetes. Sebab, masih ada pula pasien diabetes yang tubuhnya tidak terlalu mengurus bahkan ada yang tetap gemuk.

Apa faktor yang memengaruhinya? Menurut Prof Rudi ini tergantung dari sisa insulin pasien. Jika sisa insulinnya masih cukup (meskipun tetap kurang), penggunaan lemak untuk mengganti gula sebagai sumber energi tidak terlalu banyak.

"Sebaliknya, kalau sisa insulinnya sangat kurang, sel tubuh tidak bisa menggunakan gula sebagai sumber energi sehingga sumber energi diambil dari lemak," pungkas Prof Rudi.

Baca juga: Cara Suntik Insulin Diabetes yang Tepat

Agar Oon cepat sembuh, rekannya di Project Pop memberi dukungan dengan menciptakan lagu berjudul 'Cepat Sembuh'. Seperti apa lagunya? Simak dalam video berikut ini.






(rdn/vit)