Senin, 09 Jan 2017 14:56 WIB

Alami Gizi Buruk dan Atresia Bilier, Bayi Naura Butuh Bantuan

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: M Reza Sulaiman/detikHealth
Jakarta - Naura Aulia Putri Wibowo, bayi 10 bulan ini, mengalami gizi buruk dan atresia bilier. Penggalangan dana pun digelar untuk membiayai pengobatannya.

Ya, Naura harus bolak-balik berobat ke rumah sakit akibat atresia bilier dan gizi buruk yang dialaminya. Kini badan Naura terlihat sangat kurus, hanya perutnya saja yang besar. Akibat membesarnya perut, Naura jadi kesulitan bernapas.

Atresia bilier terjadi akibat tidak adanya pembentukan saluran empedu yang berfungsi membawa cairan empedu dari hati ke saluran usus 12 jari. Akibatnya, saluran empedu tidak terbentuk dan efeknya cairan empedu yang diproduksi tidak bisa dikeluarkan dari hati. Karena itu, Naura butuh transplantasi hati.

Baca juga: Kisah Naura, Balita Pengidap Atresia Bilier Sekaligus Gizi Buruk

Ibunda Naura, Fitriyanti Irawati, mengatakan biaya yang dibutuhkan untuk operasi transplantasi Naura kurang lebih Rp 1,2 miliar. Operasi baru bisa dilakukan jika berat badan Naura sudah cukup. Saat ini keluarga masih berupaya menambah berat badan Naura sembari mengumpulkan biaya pengobatan.

Untuk meringankan biaya perawatan Naura, detikcom mengajak para pembaca untuk membantu melalui kitabisa.com. Selain untuk keperluan transplantasi hati, dana yang terkumpul juga digunakan untuk pembelian susu khusus yang per bulannya Naura butuh sekitar 8 kaleng, serta keperluan lain yang tidak di-cover BPJS.

Dari target Rp 500 juta dana yang digalang, hingga Senin (9/1/2017) pukul 13.00 WIB baru terkumpul sekitar Rp 42 juta.

(vit/up)