Selasa, 10 Jan 2017 12:29 WIB

Berat Badan Tak Kunjung Turun? Coba Olahraga dengan Gaya Merangkak

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Selain menyehatkan, olahraga juga memiliki manfaat lain seperti membantu menurunkan berat badan. Tapi kadang, ada orang yang sudah rajin berolahraga tapi berat badannya tak kunjung turun. Jika begitu, tak ada salahnya Anda mencoba olahraga dengan gaya lain, yaitu merangkak.

Menurut pegiat Indobarian, Dalvin Wijaya, pada dasarnya tubuh dapat mengalami adaptasi terhadap olahraga yang biasa dilakukan sehari-hari. Sehingga, ketika seseorang ingin menurunkan berat badan dengan berlari misalnya, bisa saja berat badan orang tersebut dapat tak lekas turun.

Baca juga: Tanpa Butuh Alat, Olahraga Ini Bikin Sehat Otot dan Pikiran

"Misalnya lari tetap nggak kurus-kurus, tubuh udah adaptasi dengan pola tersebut. Jadi lebih baik cari pola yang baru," tutur Dalvin kepada detikHealth baru-baru ini.

Ia menjelaskan pola baru yang dapat dilakukan adalah merangkak. Karena dengan melakukan pola olahraga yang baru tersebut, otot-otot tubuh dapat lebih merespons gerakan sehingga membuat tubuh lebih banyak membakar kalori.

"Jadi lebih mengingat ketika kecil kita bisa merangkak, kenapa sekarang nggak. Dan pola baru saat berolahraga jauh bisa lebih membentuk tubuh dan membuat tubuh lebih kurus lagi," sambung Dalvin.

Soal melakukan olahraga dengan gaya merangkak, seorang dokter bernama Lu Peiwandari dari Henan Province Hospital mengatakan gerakan olahraga merangkak seperti binatang memang bermanfaat bagi kesehatan, demikian dilansir BBC.

"Karena olahraga tersebut dapat menambah kebugaran otot-otot tubuh yang jarang dipergunakan oleh manusia, termasuk membantu memperkuat ligamen dan tulang," kata Lu.

Baca juga: Mengintip Serunya Indobarian, Latihan Otot yang Juga Menenangkan Pikiran

(rdn/vit)