Kamis, 19 Jan 2017 19:01 WIB

Sering Sakit Kepala, Itu Gejala Stroke?

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: iStock
Jakarta - Sakit kepala memang dapat mengganggu aktivitas seseorang. Lantas, apakah sakit kepala bisa menjadi salah gejala stroke?

Menurut dr Frandy Susatia SpS dari Siloam Hospital Kebon Jeruk, sakit kepala atau pusing belum tentu menjadi salah satu gejala stroke karena hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya seperti migrain, kecemasan, kurang tidur maupun belum makan.

dr Frandy mengatakan untuk hasil yang pasti sebaiknya seseorang yang sering mengalami sakit kepala diminta segera memeriksakan diri ke dokter. Sementara, jika gejalanya tetap tidak membaik Anda diminta untuk tidak khawatir.

"Tidak perlu khawatir berlarut-larut. Menghindari kelelahan, tidur yang cukup dan berolahraga teratur sudah dapat mengurangi gejala tersebut," ucap dr Frandy dalam live chat di kantor detikcom, Jl Warung Jati Barat, Jakarta Selatan, Kamis (19/1/2016).

Baca juga: Yuk Cegah Stroke dengan Kenali Aneka Penyebabnya

Sementara itu, ia menjelaskan gejala stroke sebenarnya dapat dilihat secara jelas seperti kelemahan atau kelumpuhan salah satu sisi tubuh dan bicara yang tidak jelas. Selain itu, sulit memikirkan atau mengucapkan kata-kata yang tepat dan hilangnya ketidakseimbangan.

dr Frandy juga mengingatkan untuk menghindari makanan yang mengandung lemak, digoreng maupun dibakar. Karena dengan mengonsumsi makanan tersebut kadar kolesterol dalam tubuh dapat meningkat dan menyebabkan stroke.

"Kadar kolesterol normal dalam darah yaitu di bawah 200. Sedangkan kadar trigliseride normalnya <150, kadar LDL normal <100 dan HDL >35," imbuh dr Frandy.

Baca juga: Cara Cepat Deteksi Stroke dan Penyakit Jantung (vit/vit)