Rabu, 25 Jan 2017 13:34 WIB

Bayi Ini Butuh Bantuan untuk Jalani Transplantasi Hati

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: M Reza Sulaiman/detikHealth
Jakarta - Naura Aulia Putri Wibowo masih berusia 10 bulan. Namun dia banyak menghabiskan waktu di tempat tidur karena mengalami atresia bilier dan gizi buruk. Kondisi itu mengharuskannya menjalani transplantasi hati.

Ibunda Naura, Fitriyanti Irawati, mengatakan biaya yang dibutuhkan untuk operasi transplantasi Naura kurang lebih Rp 1,2 miliar. Cukup besar memang, karena untuk biaya skrining donor hati pun terbilang mahal.

"Untuk satu donor kurang lebih Rp 40 juta skriningnya, dan itu tidak ditanggung BPJS. Kalau ternyata tidak cocok, ya uang hangus. Harus siapkan lagi uang untuk tes donor yang lain," kata Fitri beberapa waktu lalu.

Selain itu, transplantasi hati baru bisa dilakukan jika berat badan Naura sudah cukup. Untuk mendongkrak berat badannya, Naura harus minum susu khusus yang bagi orang tuanya harganya juga cukup mahal. Untuk susu ini, per bulannya Naura butuh sekitar 8 kaleng.

Guna meringankan biaya perawatan Naura, detikcom mengajak para pembaca untuk membantu melalui kitabisa.com. Selain untuk keperluan transplantasi hati, dana yang terkumpul juga digunakan untuk pembelian susu khusus dan keperluan lain yang tidak di-cover BPJS.

Hingga Rabu (25/1/2017) pukul 13.00 WIB baru terkumpul sekitar Rp 114 juta, 23 persen dari target dana yang digalang: Rp 500 juta.

(vit/up)