Selasa, 31 Jan 2017 11:08 WIB

Yuk Bantu Bayi Naura untuk Jalani Transplantasi Hati

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: Reza/detikHealth
Jakarta - Naura Aulia Putri Wibowo masih berusia 10 bulan. Perutnya nampak besar dan badannya pun terlihat kurus, tidak seperti bayi lain seusianya.

Ya, Naura merupakan pasien atresia bilier dan gizi buruk. Ibunda Naura, Fitriyanti Irawati mengatakan agar bisa sehat dan normal, Naura harus menjalani transplantasi hati.

"Hari ini saya skrining untuk menjadi donornya. Mudah-mudahan saja tidak ada lemak di hati saya supaya bisa didonorkan untuk Naura," tutur Fitri kepada detikHealth, baru-baru ini.

Biaya operasi transplantasi hati memang ditanggung oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Meski begitu, biaya skrining, kebutuhan sehari-hari dan susu khusus tidak ditanggung oleh BPJS.

"Syarat untuk transplantasi hati itu lingkar lengannya minimal 11 cm. Alhamdulillah sekarang sudah 9,3 cm," tambah Fitri lagi.

Guna meringankan biaya perawatan Naura, detikcom mengajak para pembaca untuk membantu melalui kitabisa.com. Selain untuk keperluan transplantasi hati, dana yang terkumpul juga digunakan untuk pembelian susu khusus dan keperluan lain yang tidak di-cover BPJS.

Hingga hari ini, Selasa (31/1/2017) dana yang terkumpul Rp 152.623.842, atau sekitar 31 persen dari target yang digalang: Rp 500 juta.

(mrs/up)