Kamis, 02 Feb 2017 19:10 WIB

Gaya Tulisan Bisa Jadi Indikator Penyakit yang Diidap Seseorang

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Tulisan tangan biasanya bisa mendeteksi kepribadian seseorang. Tapi selain itu, tulisan tangan disebut bisa juga membantu mendeteksi adanya penyakit pada tubuh seseorang.

Penelitian yang dilakukan National Pen Company di Amerika Serikat menyebutkan gaya tulisan bisa menentukan penyakit yang diidap seseorang. Ada empat jenis penyakit yang dideteksi, yaitu alzheimer, schizophrenia, parkinson dan tekanan darah tinggi.

"Seseorang yang menulis huruf miring namun tidak melakukan secara terus menerus pada tulisan yang sama bisa jadi indikator dari schizophrenia," ucap peneliti, dikutip dari Mirror.

Baca juga: Inilah 'Tulisan' yang Membuat Kening Dokter Berkerut

Sedangkan, seseorang dengan tulisan yang sangat kecil dan sempit bisa menjadi tanda dari penyakit parkinson. Hingga terkadang, tulisan tidak bisa dibaca oleh si penulis.

"Penyakit alzheimer bisa dideteksi melalui gaya tulisan yang tidak teratur dan bergetar. Selain itu penulis juga lambat menulis karena kemampuan mental yang berkurang" tambah peneliti.

Sementara, dilansir Medical Daily, tulisan seseorang yang memiliki variasi terhadap penekanan dari berat ke ringan menunjukkan kemungkinan si penulis memiliki penyakit darah tinggi. Tapi, peneliti menekankan bahwa studi ini hanya menjadi indikator adanya penyakit yang dimiliki seseorang. Sehingga, untuk menegakkan diagnosis pasti tentunya perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Baca juga: Psikolog Mampu Deteksi Kebohongan Lewat Tulisan (rdn/rdn)