Cari Pengalaman Kerja, Haruskah dengan Kerja Apapun?

ADVERTISEMENT

Cari Pengalaman Kerja, Haruskah dengan Kerja Apapun?

Nurvita Indarini - detikHealth
Minggu, 05 Feb 2017 14:08 WIB
Foto: thinkstock
Jakarta - 'Kerja apapun, yang penting cari pengalaman dulu'. Hal ini kerap jadi pegangan mereka yang baru lulus kuliah, alhasil jadi terkesan 'yang penting kerja'. Padahal demi kesehatan jiwa, sebaiknya bekerja sesuai dengan passion.

"Misalnya kuliah jurusan manajemen lalu berharap kerja sesuai background, melamar ke beberapa perusahaan. Tapi karena nggak juga ada panggilan lalu kerja apapun. Nah, ini namanya perencanaannya kurang," kata psikolog klinis dewasa dari Personal Growth, Veronica Adesla, M.Psi. Psikolog.

Hal itu disampaikan dia di sela-sela kelas psikologi dalam rangkaian kegiatan Psych yang digagas bunda.id di Gandaria City Mall, Jl Sultan Iskandar Muda, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Sabtu (4/2/2017).

Jika tidak ada panggilan kerja, perlu evaluasi sudah berapa lama lamaran dikirim. Lalu berapa perusahaan yang sudah dikirimi lamaran kerja. Jika satu pun tidak ada yang memanggil, jangan-jangan CV yang dibuat kurang meyakinkan.

Baca juga: Menghadapi Kebingungan Mau Kerja Apa Setelah Lulus Kuliah

"Atau bisa jadi di tahap CV lolos, tapi selalu gagal di tes tertentu. Perlu evaluasi diri apa yang membuat tidak lolos di tes itu. Misalnya wawancara selalu nggak lolos, ini kenapa? Apa karena gugup jadi terbata-bata atau gimana. Apa yang kita lakukan perlu selalu kita evaluasi," lanjut Veronica.

Ketika mengirim lamaran kerja juga perlu tahu apakah turn over di perusahaan yang dituju cukup tinggi. Jika iya, ada kemungkinan surat lamaran kerja yang kita kirim akan direspons cepat. Selain itu dalam mengirimkan lamaran kerja juga sebaiknya tidak hanya 1-2 tempat saja.

"Karena sering kali dari 10 lamaran yang dipanggil cuma 3. Kalau gitu agar peluang dipanggilnya lebih tinggi, perlu mengirim lamaran kerja yang lebih banyak. Tapi sebaiknya benar-benar yang sesuai passion dan rencanakan dengan baik," saran Veronica.

Baca juga: Agar Tak Stres, Saat Libur Pekerja di Prancis Boleh Hindari Email Pekerjaan

(vit/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT