Ketika Ada Hal yang Tak Disukai dalam Bekerja, Harus Bagaimana?

ADVERTISEMENT

Ketika Ada Hal yang Tak Disukai dalam Bekerja, Harus Bagaimana?

Nurvita Indarini - detikHealth
Minggu, 05 Feb 2017 19:19 WIB
Foto: ilustrasinstres/thinkstock
Jakarta - Bekerja sesuai passion tidak menjamin seseorang bebas dari hal-hal yang tidak disukai. Ya, namanya juga hidup, pasti di titik-titik tertentu menjumpai hal yang tidak disukai. Lalu bagaimana menyikapinya? Apakah harus resign dan mencari pekerjaan baru?

"Nggak sukanya itu kenapa? Perlu kita kaji juga adakah konsekuensi dari hal itu ke depannya? Justru menambah pengetahuan dan kemampuan atau bikin kita nggak berkembang," ujar psikolog klinis dewasa dari Personal Growth, Veronica Adesla, M.Psi. Psikolog.

Hal itu disampaikan dia di sela-sela kelas psikologi dalam rangkaian kegiatan Psych yang digagas bunda.id di Gandaria City Mall, Jl Sultan Iskandar Muda, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Sabtu (4/2/2017).

Baca juga: Cari Pengalaman Kerja, Haruskah dengan Kerja Apapun?

Jika ada penugasan yang tidak disukai karena membuat jadi lebih banyak kerjaan, misalnya, tapi justru merupakan tantangan dan bisa menambah keterampilan, kata Veronica tidak ada salahnya dicoba. Kecuali jika penugasan itu luar biasa sangat memberatkan dan membuat tidak berkembang, mungkin bisa dipikirkan alternatif lainnya, misalnya mencari tempat kerja baru.

"Dari diri kita sendiri perlu terus improve, memberi tantangan untuk diri sendiri juga. Kalau tantangan itu datang dari tempat kerja kita, kalau memang bisa bikin improve, kenapa tidak? Masa kita mau begini-begini saja, tidak berkembang," sambung Veronica.

Jika tempat kerja memberi tantangan baru, mungkin karena seorang karyawan dirasa mampu melakukannya. Selain itu bisa jadi karena hendak dilihat sejauh mana kemampuan yang bersangkutan, sehingga berdampak pada promosi atau penilaian kerja yang terkait dengan besaran kenaikan gaji ataupun bonus.

Baca juga: Menghadapi Kebingungan Mau Kerja Apa Setelah Lulus Kuliah

(vit/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT