Jumat, 10 Feb 2017 09:06 WIB

Banyak Makan Bengkuang Bikin Kulit Putih, Hoax atau Bukan?

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: iStock/Getty Images Foto: iStock/Getty Images
Jakarta - Losion dengan kandungan bengkuang diyakini bisa bikin kulit menjadi lebih putih. Berkaitan dengan hal tersebut, makan bengkuang banyak-banyak pun diyakini bisa memberikan efek yang sama.

Menurut nutrisionis Jansen Ongko, MSc, RD, bengkuang berupakan sayuran yang berasal dari umbi, dengan kandungan air serta nutrisi yang tinggi. Ya, bengkuang memiliki sekitar 20,2 mg atau 34 persen dari rekomendasi harian vitamin C per 100 g, sedangkan kandungan mineralnya adalah fosfor, besi, dan kalsium.

"Karena kandungan air yang tinggi, bengkuang dapat meningkatkan cairan dalam tubuh. Sementara itu, vitamin C pada bengkuang berperan sebagai antioksidan yang kuat untuk membantu tubuh mencegah radikal bebas berbahaya, sehingga menawarkan perlindungan dari kanker, peradangan, dan virus," tutur Jansen.

Baca juga: Meski Berukuran Kecil, Nanas Madu Ampuh Turunkan Kolesterol?

Bukan hanya itu, kandungan vitamin C juga memberikan rangsangan pada sel kulit untuk beregenerasi, sehingga sel kulit mati berganti dengan yang baru.

Sementara zat fenolik dalam bengkuang cukup efektif menghambat pembentukan melanin, sehingga perubahan warna akibat hormon, sinar matahari, dan bekas jerawat dapat dicegah atau dikurangi.

"Namun bukan berarti mengonsumsi bengkuang dapat menjadikan kulit lebih putih ya, hanya saja kulit dapat menjadi lebih sehat," tutur Jansen.

Baca juga: Yuk Jadi Orang Tua Cerdas Agar Tak Gampang 'Termakan' Hoax (ajg/vit)