Senin, 13 Feb 2017 17:32 WIB

Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Bikin Orang Susah Gemuk

Suherni Sulaeman - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Seseorang dengan berat badan berlebih biasanya ingin kurus. Sementara orang yang terlalu kurus alias cungkring umumnya ingin berisi atau proporsional. Namun tanpa disadari ada kebiasaan yang membuat seseorang sulit mendapatkan berat badan proporsional atau ideal.

Selain faktor keturunan, penyebabnya dikarenakan faktor kurang tidur. Kebanyakan orang yang memiliki badan kurus disebabkan karena ia sering begadang.

Baca juga: Makan Banyak Tapi Tidak Juga Gemuk, Apa Sebabnya?

"Jika kurang tidur maka akan sulit menjadi gemuk apalagi jika tidak tidur lalu tidak makan pula. Beda dengan orang yang tidak bisa tidur lalu kerjanya makan terus, nah itu gampang jadi obes," ucap nutrisionis, Leona Victoria Djajadi.

Menyangkut hal tersebut, menurut Victoria sewaktu tidur hormon pertumbuhan (growth hormone) justru dilepaskan sehingga banyak pertumbuhan dan regenerasi terjadi saat kita tidur. "Kalau tidak tidur, growth hormone tersebut jadi sulit dilepaskan dan tubuh sulit untuk bertumbuh," terangnya.

Oleh sebab itu, mulai saat ini hendaklah mengatur waktu tidur, di samping mendapat bentuk tubuh yang proporsional, juga menjaga kesehatan yang Anda miliki. "Yang terutama untuk menaikkan berat badan adalah cukup makan dan tidur," pesan Victoria.

Baca juga: Sebaiknya Tidur Berapa Lama? Beda Usia, Beda Pula Kebutuhannya Lho

Kemudian untuk penambahan berat badan, kata Victoria, energi atau kalori yang masuk ke dalam tubuh harus lebih besar dibanding energi yang digunakan. Tentunya dikombinasikan pula dengan olahraga, terutama weight lifting yang akan mempromosikan penyimpanan kalori dan protein sebagai otot, serta meningkatkan penyimpanan kalsium sebagai tulang. (hrn/vit)