Selasa, 21 Feb 2017 12:29 WIB

Tanpa Obat, Ini Cara Rumahan Sembuhkan Radang Tenggorokan

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Ilustrasi sakit tenggorokan (Foto: iStock) Ilustrasi sakit tenggorokan (Foto: iStock)
Jakarta - Meski terkesan penyakit ringan dan sepele, radang tenggorokan juga dapat membuat Anda tidak nyaman dan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Jangan buru-buru minum obat, yuk sembuhkan dengan cara alami.

Seperti dikutip dari Medical News Today, cara paling ampuh untuk mengatasi radang tenggorokan ada tiga langkah: banyak istirahat, konsumsi pola makan sehat dan minum banyak air putih.

Selain itu, ada cara lain yang juga bisa dilakukan untuk membantu menyembuhkan radang tenggorokan. Salah satunya adalah berkumur dengan air garam yang hangat. Caranya, campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Jangan terlalu banyak menuangkan garam karena justru dapat membuat tenggorokan semakin kering.

dr Syahrial M Hutauruk, SpTHT-KL(K), dari Divisi Laring Faring, Departemen Telinga, Hidung dan Tenggorok, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - RS Cipto Mangunkusumo, menuturkan selain dengan air garam, Anda juga bisa berkumur dengan cairan antiseptik. Cairan antiseptik dapat membunuh kuman-kuman di mulut dan tenggorokan sehingga risiko terserang penyakit menjadi sangat rendah.

Baca juga: Radang dan Nyeri Saat Menelan, Ini yang Terjadi Pada Tenggorokan Anda

Namun dr Syahrial mengingatkan bahwa kumur-kumur harus dilakukan dengan tepat. Selama ini masyarakat mengenal istilah kumur-kumur hanya di sekitar rongga mulut saja. Padahal kuman penyebab radang tenggorok hidup di dalam rongga tenggorok, bukan di rongga mulut.

Langkah lainnya, Anda juga bisa menambahkan satu sendok madu atau lemon pada minuman hangat, untuk membantu meredakan nyeri di tenggorokan. Suhu hangat penting bagi Anda yang sedang mengalami radang tenggorokan, karena dapat membantu mengencerkan lendir dan menjaga Anda tetap terhidrasi.

Konsumsi asupan yang mengandung bawang putih juga diyakini membantu mengatasi nyeri radang tenggorokan. Ini karena bawang putih mengandung senyawa allicin, yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus. Perlu diingat, manfaat allicin akan jauh lebih besar jika Anda tak memasak bawang putih terlalu lama.

Kepada detikHealth, dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorokan dari RS PHC Surabaya dan RS Petrokimia Gresik, dr Artono, SpTHT-KL(K), FICS menjelaskan bahwa umumnya radang tenggorokan atau faringitis disebabkan oleh virus. Penyakit ini juga memiliki sifat 'self limiting disease'. "Ini artinya penyakit seperti faringitis umumnya bisa sembuh sendiri, asalkan pasien melakukan pemulihan yang tepat," tutur dr Artono.

Selain itu, hindari makanan dan minuman pencetus radang tenggorokan. Disebutkan dr Artono, asupan tersebut di antaranya adalah makanan berminyak, pedas, makanan lain yang terlalu dingin, terlalu panas, terlalu asam, serta buah-buahan bergetah seperti nanas, mangga, pepaya, rambutan dan nangka. Bila sudah melakukan semua tapi tidak membaik, disarankan ke dokter THT untuk dievaluasi lebih mendalam lagi apa penyebabnya.

Baca juga: Makan Makanan Berminyak dan Pedas Picu Radang Tenggorokan? Ini Faktanya

(ajg/vit)
News Feed