Jumat, 24 Feb 2017 20:10 WIB

Bisa Dicoba! Pakai Kaus Kaki Agar Tidur Nyenyak Malam Ini

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Apakah Anda sedang sulit tidur? Jika iya, ada baiknya mencoba mengenakan kaus kaki sebelum tidur. Hmm, apa kaitan kaus kaki dan tidur nyenyak ya? Yuk disimak bersama penjelasan dokter.

Kontributor medis NBC News, dr Natalie Azar mengatakan National Sleep Foundation mengamini memakai kaus kaki bisa membuat tidur lebih nyenyak. Di tengah musim dingin seperti sekarang ini, memakai kaus kaki saat tidur bisa menghangatkan, sehingga Anda akan merasa lebih nyaman.

Tak cuma itu, memakai kaos kaki di malam hari juga bisa mengirimkan sinyal kepada otak bahwa ini saatnya untuk tidur. Menghangatkan kaki yang dingin menyebabkan vasodilatasi, yakni pelebaran pembuluh darah.



Ketika pembuluh darah di tangan dan kaki terbuka, panas kemudian didistribusikan ke seluruh tubuh. Inilah yang menjadi semacam pemberitahuan ke otak bahwa itu adalah waktunya tidur.

Baca juga: Kaus Kaki dan Cara-cara Unik Lainnya untuk Atasi Susah Tidur

dr Rimawati Tedjasukmana, SpS, pakar kesehatan tidur dari RS Medistra, beberapa waktu lalu menuturkan bagian tubuh yang paling sensitif terhadap suhu adalah telapak kaki. Ketika suhu terasa begitu dingin bisa membuat tidur seseorang terganggu. Nah, mengenakan kaus kaki lebih menguntungkan ketimbang hanya mengandalkan selimut. Sebab kaus kaki selalu menempel di kaki, meskipun banyak gerak saat tidur.

Selain itu, kaus kaki juga bisa melindungi kaki dari kram. Ya, selain karena kekurangan kalsium atau kapur, kedinginan juga bisa membuat kaki kram.

Manfaat lain mengenakan kaus kaki sebelum tidur adalah melindungi tumit Anda yang kering dan pecah-pecah. Tapi kaus kaki yang dipakai sebaiknya kaos kaki pelembap.

Baca juga: 7 Kebiasaan yang Bisa Bantu Tidur Nyenyak (vit/up)