Senin, 27 Feb 2017 15:08 WIB

Mahershala Ali, Muslim Pertama Peraih Oscar yang Gemar Bersepeda

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Foto: Frazer Harrison/Getty Images
Jakarta - Wajahnya tak asing lagi. Namun ia akhirnya masuk ke dalam jajaran aktor papan atas setelah memenangi penghargaan Aktor Pendukung Terbaik di ajang Oscar tahun ini, untuk perannya sebagai Juan di film Moonlight.

Ialah Mahershala Ali. Di masa muda, pria kulit hitam ini sempat mengalami depresi karena perceraian kedua orang tuanya. Belum lagi ia tinggal di tengah lingkungan yang miskin, sehingga tingkat kriminalitas di daerahnya cukup tinggi.

Untungnya ayah tiri dan ibunya kemudian mendidik Ali dengan keras, hingga ia terhindar dari pengaruh buruk teman-temannya.

Ali kecil kemudian menyibukkan dirinya dengan BMX racing dan permainan bola basket. Namun ia tak pernah serius menekuninya. Belakangan ketika beranjak dewasa, ia menemukan passion-nya di dunia seni akting.

Meski demikian, hingga saat ini aktor Muslim pertama yang meraih piala Oscar itu masih sering meluangkan waktunya untuk bersepeda. Kepada Web MD, bersepeda adalah 'me time' untuknya.

"Kapanpun saya melakukannya, aktivitas ini membuat pikiran saya merasa bebas," katanya seperti dikutip Senin (27/2/2017).

Ali sebenarnya suka bersepeda di jalanan kota besar. Namun karena padatnya jadwal syuting, ia lantas memilih bersepeda di sekitar Prospect Park, Brooklyn selama sejam sembari mendengarkan musik.

"Kalau hujan, saya ke gym dan memfokuskan diri pada latihan kardio karena saya harus menjaga berat badan saya kan," lanjutnya.

Menariknya, karena tubuh Ali mudah sekali kekar, maka ia sulit mendapatkan karakter yang berpenampilan rapi dengan setelan jas.

Baca juga: Mau Awet Muda dan Panjang Umur? Yuk Bersepeda Minimal 60 Menit Sehari

Lantas, apa makanan sehat pilihan aktor yang ikut berperan dalam film Hunger Games tersebut? Web MD mencatat Ali tak begitu suka makan daging merah, tetapi ikan. Daging ayam juga kerap menjadi pilihannya, biasanya untuk sekali atau dua kali dalam sepekan. "Saya juga tak begitu suka susu, dan terkadang saya bisa menjadi vegan hingga sebulan lamanya," paparnya.

Ayah satu anak itu juga doyan ngemil, namun ia hanya mengonsumsi cemilan sehat yaitu sereal, terutama dari granola.

Selain olahraga dan menjaga pola makannya, menurut Ali, kunci dari kehidupan sehatnya yang lain adalah rajin beribadah dan meditasi. "Ini memberikan ketenangan dan kepercayaan diri yang saya butuhkan. Lagipula saya bisa melakukannya dimanapun," ujarnya.

Namun Ali juga mengakui punya beberapa kebiasaan buruk, seperti kebanyakan minum kopi atau tidak menyadari banyaknya gula yang telah ia konsumsi. Tidurnya pun diakui belum begitu berkualitas.

Mengingat usianya telah memasuki 40 tahun, ia pun mulai mempertimbangkan untuk mengubah sebagian gaya hidup sehatnya tersebut. Apalagi ia baru saja dikaruniai seorang putri yang cantik dari sang istri, Amatus. Hal ini banyak memotivasinya untuk tetap sehat agar bisa menghabiskan waktu bersama sang buah hati.

Baca juga: Ingin Ramping dan Menawan? Yuk Contek Gaya Diet 5 Nominator Oscar 2014 (lll/up)
dRooftalk
×
Rentetan Bencana di Awal Tahun
Rentetan Bencana di Awal Tahun Selengkapnya