Senin, 27 Feb 2017 18:02 WIB

Inspirasi Sehat dari Casey Affleck, Peraih Oscar yang Pilih Jadi Vegan

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Foto: Frazer Harrison/Getty Images
Jakarta - Perawakannya memang tidak setinggi sang kakak, Ben Affleck. Soal akting, ia juga masih berada di bawah bayang-bayang Ben, kendati Casey telah menjajal seni peran sejak masih kecil.

Namun soal gaya hidup sehat, pilihannya sudah tak dapat diragukan lagi. Casey bahkan menjadi satu dari sederet selebriti papan atas yang menjadi vegetarian. Selain Casey, ada Brad Pitt, Tobey Macguire, Joaquin Phoenix, Jared Leto, Liam Hemsworth dan penyanyi Jason Mraz.

Tak tanggung-tanggung, aktor tampan ini telah mengadopsi gaya hidup ini sejak 20 tahun lalu, atau tepatnya sejak tahun 1995 dan sangat 'keras' memegang teguh prinsipnya.

Dalam sebuah wawancara dengan PETA (organisasi pecinta binatang), ia tidak makan daging atau produk hewani lainnya karena 'mereka tidak sehat dan merupakan produk dari industri yang kejam dan tidak berperikemanusiaan'.

Bahkan karena aktivitasnya di PETA, ia pernah membintangi sebuah iklan layanan masyarakat yang menunjukkan penganiayaan hewan di peternakan, namun jaringan televisi di AS menolak menyiarkannya.

"Ayam, sapi dan babi di peternakan menghabiskan waktu mereka berdesakan dalam kandang yang kotor dan menjijikkan hanya untuk merasakan akhir hidup yang menyakitkan," tuturnya.

Ayah dua anak itu juga aktif mendorong para penggemarnya untuk menghindari konsumsi daging. Kepada mereka, ia terang-terangan mengatakan daging sebagai racun serta meyakini bahwa daging merupakan sumber dari penyakit jantung dan kanker.

Selain vegan, Casey juga tak memilih latihan fisik yang muluk-muluk. Untuk menjaga staminanya, pria berusia 41 tahun itu memilih latihan kekuatan (strength training).

Baca juga: Mahershala Ali, Muslim Pertama Peraih Oscar yang Gemar Bersepeda

Dengan tubuh kurusnya itu, Casey kerap mendapatkan peran yang 'suram' seperti dalam film Out of Furnace di mana ia harus melakukan adegan perkelahian liar dengan tangan kosong, atau lewat film terbarunya, Manchester by the Sea. Namun dari film ini, Casey justru mendapatkan piala Aktor Terbaik versi Oscar 2017.

Di film itu, Casey diceritakan menjadi seorang ayah yang mengalami depresi berat karena kecanduan alkohol dan trauma yang terjadi di rumahnya. Casey mengaku ia sedikit banyak belajar dari masa kecilnya yang tumbuh dengan seorang ayah alkoholik.

Oleh sang ibu, Casey dan Ben sering diantar untuk ikut serta dalam pertemuan yang digelar sebuah kelompok pendukung untuk memfasilitasi anak atau remaja yang keluarganya kecanduan alkohol.

Dalam sesi curhat tersebut, tiap peserta dilatih untuk menghadapi orang tua mereka saat sedang mabuk, dengan melakukan rekonstruksi bersama.

"Itu bagian dari terapi dan akting pertama saya. Saya sempat berpikir bahwa alasan saya menjadi aktor adalah ketika ibu saya membawa kami ke pertemuan itu, dan saya bersyukur kepada Tuhan karenanya," tutur Casey dalam sebuah pidato di Santa Barbara International Film Festival baru-baru ini.

Baca juga: Suka Fast Food Tapi Tetap Sehat, Ini Rahasia Peraih Oscar Emma Stone (lll/up)