Senin, 06 Mar 2017 15:58 WIB

Benarkah Mata Bisa Buta Akibat Terkena Telur Busuk?

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Ilustrasi telur (Foto: iStock)
Jakarta - Baru-baru ini beredar kabar seorang siswa buta setelah ia dilempari telur busuk oleh teman-temannya, saat dirinya berulang tahun. Lantas, benarkah telur busuk dapat menyebabkan seseorang kehilangan penglihatannya?

"Mungkin bisa saja dapat menyebabkan kebutaan dari bakteri-bakteri yang ada di telur busuk tersebut. Tapi itu juga ada tahapan-tahapannya dari infeksi, nggak langsung buta," ucap dr Gitalisa Andayani, SpM(K) dari RS Cipto Mangunkusumo saat berbincang dengan detikHealth, Senin (6/3/2017).

Selain itu, dr Gita menjelaskan bahwa tidak semua kuman dapat menembus kornea. Tapi, ada kuman yang bisa menembus kornea misalnya Neisseria gonorrhoeae. dr Gita menambahkan, pada prinsipnya kondisi tubuh seseorang juga bisa memengaruhi berkembangnya kuman dalam mata.

"Kalau kondisi tubuh lagi lemah bisa saja kuman masuk dan menyerang mata. Tapi itu tetap ada tahapannya," sambung dr Gita.

Baca juga: Copot Lensa Kontak yang 'Lengket' di Bola Mata, Kornea Gadis Ini 'Robek'

Nah, untuk mengatasi mata yang terinfeksi, segera melakukan pemeriksaan ke dokter mata agar bisa ditangani. Namun, ketika infeksi yang terjadi sampai menyebabkan retina bolong maka tindakan yang dilakukan adalah operasi.

"Kalau retina hampir bolong memang harus operasi. Dan untuk kemungkinan penglihatan tergantung kondisinya, kalau masih bagus maka bisa dilakukan cangkok kornea," imbuh dr Gita.

"Pada dasarnya janganlah surprise yang berisiko seperti itu. Atau kalau sudah seperti itu bisa langsung bersihkan sisa-sisa telur busuknya dengan air," pungkas dr Gita.

Baca juga: 10 Tahun Buta Sebagian, Ray Bisa Melihat Lagi Berkat 'Mata Bionik'

(rdn/vit)