Kamis, 16 Mar 2017 18:06 WIB

Susah Konsentrasi Saat Bekerja? Posisi Duduk Juga Berpengaruh

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: iStock
Jakarta - Salah posisi saat duduk di kantor bisa berpengaruh pada konsentrasi. Nyeri akibat tekanan berlebih pada tulang belakang, pada beberapa orang bisa menyebabkan susah fokus.

Hal itu disampaikan oleh dr Sapto Adji Hardhosworo, SpOT dari RS Premier Bintaro. Menurutnya, nyeri pinggang, leher, bahu dan lengan, dialami oleh hampir 51 persen pekerja kantoran.

Dari angka tersebut, 9 persen di antaranya kesulitan mengatur jadwal dan bahkan susah menepati janji karena harus berjuang melawan nyeri. Sebagian lagi, kesulitan menjaga fokus saat bekerja.

"Sekitar 9 persen sulit konsentrasi," kata dr Sapto dalam diskusi di Hotel The Sultan, Kamis (16/3/2017).

Baca juga: Ada Orang yang Baru Konsen Bekerja Sambil Dengarkan Musik, Kenapa?

Saat duduk dengan posisi tegak sekalipun, tulang punggung menahan beban lebih besar dibanding saat berdiri. Apalagi saat duduk dengan posisi tidak ideal seperti menyandar atau terlalu membungkuk, dan tanpa bergerak selama berjam-jam.

Sebagai langkah pencegahan, dr Sapto menganjurkan untuk melakukan peregangan tiap 2 jam sekali. Di luar itu, banyak duduk juga harus diimbangi olahraga yang cukup.

"Salah satunya strength training, khususnya untuk melatih core muscle. Karena dibutuhkan untuk menopang tulang punggung saat duduk, jelas dr Sapto.

Baca juga: Agar Otak Sehat dan Konsentrasi Meningkat, Yuk Sarapan Menu Telur! (up/vit)