Kamis, 16 Mar 2017 19:05 WIB

Kaitan Antara 'Larangan' Makan Daging dan Risiko Dehidrasi Menurut Dokter

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: GettyImages
Jakarta - Salah satu saran yang beredar agar tubuh tetap fit dan sehat menghadapi suhu yang bisa jadi lebih panas saat terjadi fenomena equinox adalah mengurangi asupan daging, serta memperbanyak makan sayur dan buah. Apa kata dokter?

Menurut dokter spesialis gizi klinik RS Pusat Pertamina, dr Titi Sekarindah, MS, SpGK, tidak ada kaitan antara mengurangi asupan daging dengan menurunkan risiko dehidrasi. Apalagi dalam hubungannya untuk menghadapi suhu panas.

"Tidak ada hubungannya itu. Mungkin kalau kebanyakan makan daging nanti perutnya jadi kenyang dan tidak ada ruang untuk diisi sayur dan buah ya," ujar dr Titi kepada detikHealth.

Untuk konsumsi buah dan sayur, dr Titi membenarkan bahwa kedua asupan ini memang termasuk penting untuk mengurangi risiko dehidrasi. Terutama jika orang tersebut malas minum air putih.

Baca juga: Hadapi Fenomena Equinox, Perlukah Mandi Air Dingin Sesering Mungkin?

Beberapa buah seperti semangka dan apel diketahui mengandung air dalam jumlah tinggi, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi. American Dietetic Association melaporkan bahwa semangka 91 persen mengandung air. Semangka juga memiliki kepadatan energi yang rendah sehingga bisa membuat kenyang tanpa perlu menambah banyak asupan kalori.

dr Titi menjelaskan tidak ada pola makan spesifik yang perlu diterapkan apabila dalam beberapa hari ke depan terjadi sedikit peningkatan suhu udara.

Yang terpenting adalah menyeimbangkan semua kebutuhan Anda, baik dari makanan maupun minuman.

"Makan biasa saja. Lihat dulu yang penting dari pekerjaannya, kalau memang kerjanya di luar ruangan ya banyak minum air putih dan makan buah. Jangan lupa monitor urine ya," imbuhnya.

Jika urine terlihat berwarna pekat dan frekuensinya juga jarang, maka itu bisa menjadi pertanda bahwa Anda dehidrasi alias kurang asupan cairan. Sementara itu jika urine tampak jernih dan frekuensinya normal, berarti Anda tidak dehidrasi dan sudah cukup minum.

Baca juga: Beredar Anjuran Minum Air Putih 3 Liter Saat Equinox, Apa Kata Dokter?

Terkait equinox, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan hal itu merupakan fenomena wajar. Equinox di Indonesia sebenarnya tidak selalu mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis. Rata-rata suhu maksimal di wilayah Indonesia mencapai 32-36 derajat Celcius. (ajg/vit)