Selasa, 04 Apr 2017 16:34 WIB

Begini Caranya Agar Gigi Tidak Linu Saat Makan Makanan Asam

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Anda penikmat makanan asam? Hmm, hati-hati sebab sering mengonsumsi makanan asam bisa mengikis lapisan email gigi dan membuka lapisan dentin. Nah hal inilah yang memicu gigi sensitif.

Menanggapi hal ini, drg Diatri Nari Ratih MKes hD SpKG (K) mengatakan pada dasarnya konsumsi makanan asam boleh saja dilakukan. Tapi, tentu dengan beberapa aturan misalnya tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

"Selain itu, saat konsumsi makanan asam tunggu 30 menit sampai satu jam. Biar ada reminalisasi dari air liur karena mengandung kalsium dan fosfat," ucap drg Diatri di sela-sela peluncuran Pepsodent Expert Serum Intense Repair 5 di Hotel Veranda, Jalan Kyai Maja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (4/4/2017).

Baca juga: Yuk Kenali Penyebab Gigi Linu Saat Minum Minuman Dingin

Untuk mencegah gigi sensitif akibat paparan makanan dan minuman asam bisa dilakukan dengan mengonsumsi susu. drg Diatri menjelaskan susu mengandung alkali yang seimbang antara asam dengan basa.

"Susu itu balance antara asam dan basa sehingga bisa meningkatkan pH asam di dalam mulut. Jadi konsumsi susu atau pepaya yang paling tinggi alkalinya agar pH dalam mulut meningkat," sambung drg Diatri.

drg Diatri menambahkan pH di dalam mulut tidak boleh di bawah tingkat 5,5. Sebab hal tersebut dapat menghilangkan mineral-mineral pada gigi dan memicu gigi sensitif.

Baca juga: Tahukah Anda, Gigi Mana yang Paling Rentan Ngilu?

(vit/vit)
News Feed