Kamis, 06 Apr 2017 07:04 WIB

Keracunan Kunyit, Seorang Wanita Dilaporkan Meninggal Dunia

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Getty Images/Pinterest Foto: Getty Images/Pinterest
Jakarta - Sering dipakai dalam bumbu dan obat tradisional, kunyit dianggap sebagai rempah dengan berbagai macam manfaat. Namun hati-hati jangan berlebihan mengonsumsi kunyit karena tetap ada kemungkinan dampak negatifnya seperti yang dialami oleh seorang wanita di San Diego, Amerika Serikat.

Dikutip dari NBC San Diego, Jade Erick (30) dilaporkan meninggal pada 16 Maret lalu karena serangan jantung setelah mendapatkan asupan kunyit lewat infus. Pihak berwenang belum membeberkan hasil autopsi lengkap namun besarnya jumlah kunyit yang masuk ke dalam tubuh disebut memiliki peran dalam kematian Jade.

Baca juga: Riset In Vitro Buktikan Kandungan Kunyit Ampuh Menangkal Infeksi DBD

Diketahui Jade menggunakan infus kunyit sebagai obat tradisional untuk mengobati kondisi eksimnya. Hanya saja tidak ada pengawasan dari tenaga medis sehingga dosis konsumsi Jade pun tak terkontrol.

The National Center for Complementary and Integrative Health (NIH) menjelaskan bahwa kunyit sudah sejak dulu kala digunakan sebagai obat untuk masalah seperti nyeri, rematik, pernapasan, hingga kanker.

Nyatanya dari semua klaim tentang manfaat kunyit baru osteoarthritis, rasa gatal, dan kolesterol tinggi yang dibuktikan oleh studi. Sebanyak 30 manfaat kunyit lain yang sering digemborkan disebut studi tidak atau masih belum terbukti efektivitasnya.

Nah ketika kunyit dikonsumsi terlalu banyak, WebMD menyebut ada laporan di mana seseorang alami kondisi detak jantung tak beraturan setelah mengonsumsi 1.500 milligram kunyit dua kali dalam sehari. Beberapa kondisi medis seperti diabetes dan masalah ginjal juga diketahui bisa diperparah dengan konsumsi kunyit berlebih.

Di Indonesia sendiri ramuan asam kunyit populer digunakan untuk mengatasi nyeri saat menstruasi.

Baca juga: Kunyit Asam, Ramuan Alami untuk Atasi Masalah Menstruasi (fds/vit)
News Feed