Selasa, 11 Apr 2017 15:35 WIB

Tak Cuma Fisik, Mental pun Terdampak Akibat Siraman Air Keras

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Apakah karena disengaja atau tidak korban dari paparan air keras hampir bisa dipastikan akan mengalami luka bakar. Bagi mereka yang mengalami paparan cukup serius nyawanya bahkan bisa sampai terancam dan bila selamat tersisa luka membekas yang permanen.

Luka tersebut tidak hanya pada fisik saja tetapi juga emosi korban. Kecacatan yang ditimbulkan oleh air keras terutama pada wajah tidak jarang membuat korban menjadi kehilangan rasa percaya dirinya mendorong ia untuk menarik diri dari masyarakat.

Psikolog Dr Robert T. Muller dari York University mengatakan bukan sesuatu yang mengherankan bila korban air keras terutama yang sengaja disiramkan padanya akan membutuhkan bantuan konseling.

Baca juga: Soal Insiden yang Dialami Novel Baswedan, Seberapa Bahaya Air Keras?

"Selain menimbulkan kerusakan fisik, serangan air keras dapat menimbulkan kerusakan emosi. Menghancurkan harapan dan mimpi-mimpi," ujar Robert seperti dikutip dari Psicology Today, Selasa (11/4/2017).

Mengapa dampak emosi yang dihasilkan dari paparan air keras bisa begitu besar menurut Robert kemungkinan karena bekas lukanya mengerikan. Tergantung dari jenis air kerasnya, dalam hitungan detik paparan bisa membuat kulit meleleh menghancurkan wajah korban.

"Meski sebetulnya jarang sampai menimbulkan kematian namun kengerian yang ditimbulkan tetap luar biasa besar. Dalam hitungan detik air keras dapat melelehkan kulit, lemak, otot, dan kadang tulang," kata Robert.

"Seorang wanita mungkin saja menjadi buta, lubang hidung tertutup, kuping menyusut, dan kerusakan pada saluran napas karena menghirup uap yang korosif," lanjut Robert menjelaskan di beberapa negara paparan air keras ini seringnya terjadi karena disengaja pada wanita.

Baca juga: 5 Tips Pertolongan Pertama Bila Terpapar Air Keras (fds/vit)