Kamis, 13 Apr 2017 18:35 WIB

Cerita Pedangdut Machica Mochtar Sempat Kena Infeksi Paru-paru

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: Puti Aini Yasmin / detikHealth Foto: Puti Aini Yasmin / detikHealth
Jakarta - Pedangdut Machica Mochtar pernah mengalami infeksi paru-paru. Kondisi ini lantas sempat menghambat aktivitasnya. Bagaimana kisah Machica menghadapi infeksi paru-paru yang dia alami?

"Belum lama ini saya terkena infeksi paru-paru. Selama tiga bulan saya nggak bangun, susah makan, susah minum lalu berat saya turun 10 kg," kata Machica kepada detikHealth baru-baru ini.

Ia menjelaskan, saat terkena infeksi paru-paru, daya tahan tubuhnya memang sedang menurun. Sebab ia sering tampil di suatu acara tanpa menjaga kebersihan tubuhnya seperti tidak mengganti baju walaupun sudah berkeringat.

Baca juga: Awas! Jamur di Bantal Bisa Memicu Infeksi Paru

Saat itu Machica mengaku baru merasakan apa yang namanya 'sakit keras'. Sehingga sekarang ia lebih menjaga pola hidupnya menjadi lebih baik.

"Sekarang saya benar-benar menjaga kesehatan dan pola hidup seperti olahraga, makan yang teratur dan seimbang. Terus suasana hati dan mental dijaga biar nggak stres dan berbut baik," sambung pedangdut yang populer dengan lagu 'Ilalang' ini.

"Pokoknya harus berpikir positif karena hidup ini mau apapun penyakitnya kita harus berusaha mengobati dan bahagia," imbuh Machica.

Infeksi paru-paru bisa terjadi karena Respiratory Syncytial Virus (RSV). Virus ini bisa menyebar dengan mudah melalui batuk atau bersin yang mengandung sekret infeksius yang kemudian terhirup oleh orang lain.


Baca juga: RSV, si Penyebab Infeksi Paru-Paru dan Saluran Pernapasan (rdn/vit)
News Feed