Jumat, 14 Apr 2017 06:35 WIB

Ilmuwan Ungkap Penyebab Tali Sepatu Sering Lepas Saat Olahraga

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Tali sepatu yang sering lepas saat olahraga tidak hanya mengganggu, tetapi kadang juga membahayakan. Para ilmuwan bekerja keras untuk mengungkap penyebab di balik kondisi yang tidak diharapkan tersebut.

Oliver O'Reilly, seorang ilmuwan dari University of California di Barkeley menggunakan rekaman kamera berkecepatan tinggi untuk mengungkapnya. Ia merekam seorang olahragawan saat berlari di atas treadmill, lalu mengamati secara detail pergerakan tali sepatunya.

"Tidak terjadi apapun hingga waktu yang lama," kata O'Reilly seperti dikutip dari Livescience.

"Dan kemudian, secara tiba-tiba, semua terjadi. Tali sepatu lepas begitu cepat. Lepasnya tali sepatu dan begitu cepatnya itu terjadi, benar-benar mengejutkan kami," lanjutnya.

Baca juga: Hal-hal yang Menyebabkan Kalap Makan Usai Olahraga

Dengan menggunakan accelerometer atau alat untuk mengukur gerakan, O'Reilly akhirnya bisa menemukan penyebab lepasnya tali sepatu secara mendadak. Ketika kaki si olahragawan bergerak, teramati ada gaya gravitasi dan gaya inersia yang begitu kuat bekerja pada ujung tali sepatu.

Penelitian ini juga menyebut bahwa gaya yang bekerja pada ujung tali sepatu ketika kaki seorang olahragawan sedang berjalan maupun berlari, lebih kuat dibandingkan roller coaster paling kencang sekalipun. Teknik menalikan sepatu terbukti turut menentukan seberapa kuat ikatan tali sepatu bisa bertahan.

Baca juga: Kisah Haru di Balik 'Hobi' Bocah 7 Tahun Ini Ikut Triathlon (up/vit)
News Feed