ADVERTISEMENT

Sabtu, 15 Apr 2017 14:05 WIB

Kata Pakar, Begini Aturan Minum Kopi untuk Pengidap Sakit Mag

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Kopi merupakan salah satu minuman yang tak dianjurkan untuk diminum para pengidap penyakit mag. Namun demikian, jika tetap ingin mengonsumsinya ada aturan penting yang perlu diingat.

Seperti disampaikan oleh nutrisionis Jansen Ongko, MSc, RD, perlu diketahui alasan mengapa orang dengan gangguan mag tidak dianjurkan minum kopi. Menurutnya, kopi mengandung berbagai senyawa, seperti katekol dan kafein. Senyawa ini dapat meningkatkan produksi asam lambung.

"Untuk orang yang memiliki gangguan mag maka hal ini dapat memperburuk sakit mag-nya," tutur Jansen kepada detikHealth baru-baru ini.

Selain itu, kafein yang terkandung pada kopi juga dapat mengendurkan lower esophageal sphincter (LES), yakni katup antara lambung dan tenggorokan. Hal ini menyebabkan gas di lambung mudah naik hingga ke kerongkongan.

Baca juga: Cara Sehat Minum Kopi Menurut Ahli Gizi: Tanpa Tambahan Apapun

Sebelumnya Prof dr Marcellus Simadibrata, PhD, SpPD-KGEH dari RS Cipto Mangunkusumo juga pernah menuturkan bahwa dari hasil banyak penelitian kopi yang dikonsumsi berlebihan tidak baik sistem pencernaan. Beberapa efek yang ditimbulkan jika Anda minum terlalu banyak kopi di antaranya peningkatan asam lambung, yang kemudian bisa berlanjut pada refluks dan meningkatkan risiko Gastroesophageal reflux disease (GERD).

Alasan lain di balik efek konsumsi kopi berlebihan terhadap kesehatan sistem pencernaan disebutkan juga oleh studi oleh Karolinska Institutet, Swedia beberapa waktu lalu. Kopi disebut-sebut memicu produksi hormon gastrin. Dengan peningkatan produksi hormon ini, produksi asam lambung dan aktivitas pencernaan juga akan meningkat. Perut menjadi cepat dikosongkan hingga akhirnya berujung pada perasaan mulas ingin kencing atau buang air besar.

Nah, jika para pengidap penyakit mag tetap ingin mengonsumsi kopi, maka Anda perlu membatasi secara ketat porsinya. Jansen menegaskan bahwa seseorang dengan gangguan mag yang tetap ingin minum kopi, pastikan agar tidak mengonsumsi kopi secara berlebihan dan maksimal satu gelas sehari. Hal serupa juga disampaikan Prof Marcellus.

"Jangan lupa juga untuk menghindari konsumsi kopi pada keadaan perut kosong ya," pesan Jansen.

Baca juga: Berat Badan Bisa Turun dengan Minum Kopi Campur Mentega? Ini Kata Pakar (ajg/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT