Selasa, 18 Apr 2017 16:31 WIB

Benarkah Mandi Air Panas Bantu Bakar Kalori Seperti Olahraga?

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Mandi air panas disebut-sebut dapat membantu tubuh bakar kalori lebih banyak. Jumlah kalorinya pun diyakini setara dengan olahraga. Benarkah demikian?

Studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Temperature oleh Steve Faulkner, PhD dari Loughborough University ini menyebutkan adanya kaitan antara mandi air panas dan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh.

Dalam studi ini, Faulkner melakukan penelitian pada 14 orang, yang beberapa di antaranya memiliki kelebihan berat badan. Ditemukan bahwa mandi air panas selama satu jam dapat membantu membakar hingga 140 kalori.

Baca juga: 7 Kebiasaan Saat Mandi yang Bisa Merugikan Kesehatan

Namun demikian, pakar kesehatan wanita Jennifer Wider, MD menjelaskan bahwa hasil studi ini bukan berarti Anda bisa menggantikan aktivitas berolahraga hanya dengan mandi air panas untuk membantu membakar kalori.

"Meski hasil studinya menyebutkan demikian, tetap proses pembakaran kalori dari olahraga tak bisa serta-merta digantikan hanya dengan mandi air panas. Jumlah kalori yang dibakar juga bervariasi pada setiap orang, bergantung pada beberapa faktor, termasuk berat badan dan komposisi tubuh," ujar Wider, seperti dikutip dari Women's Health Mag.

Meski diyakini proses pemanasan pasif atau passive heating yang terjadi memicu respons inflamasi yang sama seperti saat olahraga, namun Wider menegaskan bahwa penelitian lebih lanjut masih sangat diperlukan karena studi sebelumnya masih dalam lingkup yang kecil.

"Dibandingkan dengan mandi air panas, proses pembakaran kalori tetap lebih baik dari latihan fisik berupa olahraga. Manfaat dari aktivitas fisik terhadap pembakaran kalori sudah jelas terbukti," imbuh Wider.

Meski passive heating kini semakin populer, Wider beranggapan tidak ada yang bisa menggantikan olahraga dan aktivitas fisik teratur dalam manfaat untuk pembakaran kalori. Maka dari itu, jika Anda ingin membakar kalori lebih banyak dan ingin menurunkan berat badan, olahraga rutin pun lebih dianjurkan dibandingkan hanya mengandalkan mandi air panas.

Baca juga: Pada Laki-laki, Mandi Sauna Terbukti Bisa Kurangi Risiko Pikun


(ajg/up)
News Feed