Selasa, 18 Apr 2017 18:34 WIB

Kaitan Bahan Kimia pada Kosmetik dengan Kesuburan

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Beberapa orang menggunakan beragam kosmetik untuk menunjang penampilannya, agar lebih menarik. Namun, dalam pemilihan kosmetik, Anda tetap harus hati-harti ya.

Menurut Sagarika Aggarwal, pakar di bidang bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF), bahan kimia tertentu pada produk kosmetik memiliki potensi efek samping. Sebab bahan tersebut bisa memengaruhi hormon wanita dan sistem reproduksi.

"Misalnya penggunaan kosemetik yang kandungan parabennya terlalu banyak bisa berdampak pada kesuburan. Di saat hormon tidak seimbang, ada kemungkinan bisa menciptakan telur atau sperma yang kurang sehat," ucap Aggarwal.

Baca juga: Bahan Kimia pada Plastik dan Kosmetik Ini Bisa Ganggu Kesuburan Wanita

Contoh yang lain, kata Aggarwal adalah bahan dari cat kuku mengandung endokrin yakni bahan kimia di mana bisa menyebabkan bayi mengalami cacat lahir. Selain itu bahan phthalates pada cat kuku juga berkaitan pada gangguan kesuburan pria maupun wanita.

Sementara itu, studi yang dilakukan Environmental Working Group (EWG) dari Duke University beberapa waktu lalu menyebutkan bahan kimia pada cat kuku bisa masuk dalam tubuh 10 sampai 14 jam setelah mengecat kuku.

Seorang dokter spesialis IVF lainnya, Jyoti Tripaty mengatakan paparan bahan kimia pada wanita meningkatkan risiko keguguran dan risiko bayi lahir cacat fisik dan mental.

"Paparan bahan kimia bisa menyebabkan keguguran, kelahiran prematur. Dan pada bayi bisa menyebabkan berat badan bayi rendah, masalah belajar, masalah perilaku dan otak, kerusakan ginjal atau sistem saraf," pungkas Tripathy.

Untuk itu, ketika memilih kosmetik dianjurkan untuk memperhatikan lagi kandungan bahan-bahan di dalamnya. Sebisa mungkin, belilah kosmetik di tempat yang resmi dan terpercaya sehingga ketika ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, Anda tahu ke mana harus melaporkan masalah tersebut.

Baca juga: Ilmuwan Buktikan Kaus Kaki Antibakteri Tak Manjur Usir Bau Tak Sedap



(rdn/vit)