Rabu, 03 Mei 2017 14:10 WIB

Inspiratif! Pria Ini Rajin Olahraga Meski Tak Punya Sepasang Kaki

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Foto: Instagram/Jose Crisol Foto: Instagram/Jose Crisol
San Fransisco - Enggan berolahraga karena malas atau takut capek? Kita harusnya malu kepada pria difabel ini. Meski serba terbatas, ia justru mampu menginspirasi.

Namanya Jose Crisol. Ia telah kehilangan kedua kakinya karena diamputasi beberapa waktu lalu. Ia terpaksa melakoninya karena mengidap spina bifida, kelainan saat lahir yang dipicu pembentukan tulang belakang yang tidak sempuna sejak masih dalam kandungan.

Hal ini pernah dikemukakan Jose dalam situs blog Soul With a Story. Dalam situs tersebut disebutkan Jose telah menjalani lebih dari 20 kali operasi. Amputasi adalah salah satunya, sebab terjadi komplikasi pada kedua kakinya yang lumpuh total karena spina bifida.

"Saya pun trauma pasca kejadian tersebut. Saya harus berupaya melupakannya karena ini masih menghantui saya sampai saat ini," tulisnya dalam blog tersebut.
Inspiratif! Pria Ini Rajin Olahraga Meski Tak Punya Sepasang KakiFoto: Instagram/Jose Crisol

Baca juga: Kisah Ami, Atlet Balap Kursi Roda yang Hanya Memiliki Satu Kaki

Gymlah yang kemudian mengembalikan semangat dan motivasi Jose untuk bertahan hidup. Ia bahkan sempat berujar bahwa mengamputasi kedua kakinya adalah keputusan terbaik dalam hidupnya.

Setelah diamputasi, pria berusia 33 tahun itu lama-lama merasa lebih mudah bergerak dan lebih mandiri. Ia juga lebih bisa fokus untuk membentuk tubuh bagian atasnya.

Untuk itu jangan meremehkan fisik Jose, karena profesi pria ini juga tak sembarangan. Siapa sangka Jose adalah seorang binaragawan.

Setiap kegiatan yang dilakukan Jose di gym juga ia abadikan lewat akun Instagramnya, @rislocs. Beberapa di antaranya adalah kemampuannya memanjat tali, pull up, angkat berat, serta melakukan push up dengan satu tangan.

Jose juga mengaku tak hanya berlatih di gym saja, tetapi dimanapun ia bisa menemukan sarana untuk latihan seperti di pantai. Tak jarang, Jose melakukan sejumlah improvisasi untuk menciptakan rutinitas latihan yang sesuai dengan kondisi tubuhnya.

Di balik itu, Jose mencoba mengalihkan perhatiannya dari masalah kesehatan yang menyertai kondisinya, seperti ginjal yang lemah dan sering pening selepas latihan fisik karena kelebihan cairan di otak sejak lahir.

Namun lagi-lagi, baginya ini bukan penghalang. "Saya tahu ada orang-orang yang mungkin kondisinya lebih buruk dari saya, dan ini membuat saya lebih menghargai apa yang saya miliki. Anda takkan mendengar keluhan saya," tulisnya lagi.

Baca juga: Hebat! Tanpa Sepasang Kaki Sempurna, Eman Raih Penghargaan Kiper Terbaik
Inspiratif! Pria Ini Rajin Olahraga Meski Tak Punya Sepasang KakiFoto: Instagram/Jose Crisol
(lll/vit)
News Feed