Senin, 08 Mei 2017 15:35 WIB

Diklaim Bisa Redakan Stres, Fidget Spinner Digemari Anak Hingga Dewasa

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Biasanya ketika sedang bosan atau gelisah kadang secara tak sadar kita mulai memainkan hal-hal yang ada di sekitar. Mulai dari memutar pulpen, menggerakkan jari tangan, hingga menggoyangkan kaki hal ini disebut fidgeting dan umum dilakukan oleh orang-orang.

Nah terkait hal tersebut saat ini sedang muncul tren mainan baru bernama fidget spinner. Dengan bentuk mudah digenggam, fidget spinner terdiri atas beberapa bearing yang dapat diputar-putar menghasilkan momentum yang diklaim dapat memberikan kepuasan sensoris.

Karena efeknya itu fidget spinner diyakini dapat membantu orang-orang dengan gangguan kecemasan, stres, sulit fokus, hingga anak dengan Attention Deficit Hyperactive Disorders (ADHD).

Baca juga: Benarkah Fidget Spinner Bermanfaat untuk Penyandang Autisme dan ADHD?

Yuseck dari spinner.id mengatakan bahwa di Indonesia tren fidget spinner juga semakin terasa. Peminatnya semakin bertambah mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

"Awal-awal jualan dulu cuma orang-orang yang tau aja enggak banyak. Sekarang anak SD pun ada. Pembeli bukan orang-orang yang tangannya enggak bisa diam saja tapi udah jadi tren," kata Yuseck ketika dihubungi detikHealth, Senin (8/5/2017).

Satu unit fidget spinner sendiri di pasaran memiliki harga yang beragam mulai dari puluhan ribu hingga jutaan. Menurut Yuseck perbedaannya ada pada kualitas bahan material yang dipakai serta variasi lain.

Fidget spinner yang mahal biasanya terbuat dari material logam sementara yang murah biasanya terbuat dari plastik.

Baca juga: 5 Mainan yang Baik Bagi Perkembangan Anak

(fds/up)
News Feed