Rabu, 17 Mei 2017 11:04 WIB

Gigi Ngilu dan Tak Nyaman Saat Pakai Behel? Dokter: Itu Normal

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Rasa sakit menjadi keluhan yang biasa dirasakan seseorang saat menggunakan behel. Kadang, ngilu plus terasa tidak nyaman pun dikeluhkan. Kata dokter, ini kondisi yang normal.

"Sebenarnya kalau pemakaian behel itu nggak sakit. Tapi yang ada rasa ngilu dan tidak nyaman," ucap drg Ahmad Syaukani, SpOrt saat ditemui detikHealth baru-baru ini.

Baca juga: Ini Lho Bahayanya Pakai Kawat Gigi Tanpa Kontrol ke Dokter

Lebih lanjut, drg Kani menjelaskan rasa ngilu dan tidak nyaman merupakan hal yang normal terjadi. Sebab hal tersebut berkaitan dengan pergerakan gigi dari pemakaian behel.

Lantas untuk mengatasi rasa ngilu, drg Kani mengatakan seseorang dapat menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif. Sebab dengan menggunakan pasta gigi tersebut rasa ngilu pada gigi akan berkurang.

"Untuk penggunaan obat sebenarnya nggak terlalu membantu rasa ngilu. Jadi pakai pasta gigi untuk gigi sensitif ya," sambung dokter yang juga ketua PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) Cabang Jakarta Pusat ini.

Selain itu, untuk mengurangi rasa tidak nyaman seseorang juga dapat menggunakan obat kumur yang mengandung klorheksidin. Pasalnya, kandungan tersebut dapat mengurangi terjadinya proses peradangan.

Baca juga: Pasang Behel Buat Gaya-gayaan Lebih Banyak Bahayanya

(rdn/up)