Jumat, 26 Mei 2017 16:30 WIB

Masih Jarang Dibahas, Yuk Mulai Perhatikan Kesehatan Menstruasi

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi perempuan sedang menstruasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Tahukah Anda bahwa setiap tanggal 28 Mei ada peringatakan Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia? Kemungkinan sebagian besar dari Anda mungkin tak pernah mendengarnya karena memang selama ini kesehatan reproduksi di Indonesia masih dianggap tabu.

Dikatakan oleh Direktur Kesehatan Keluarga dr Eni Gustina, MPH, bahwa kesehatan reproduksi khususnya Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) adalah sesuatu yang penting. Remaja perempuan khususnya harus mengerti itu karena sanitasi saat menstruasi akan berpengaruh langsung terhadap kesehatannya.

"Kalau kita hubungkan dengan anak remaja kita yang menstruasi di sekolah, mungkin teman-teman media sudah mendengar berapa banyak sekolah kita yang tidak memiliki kamar mandi," kata dr Eni dalam temu media di Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (26/5/2017).

"Bagaimanapun kebersihan menstruasi sangat penting. Salah satu penyebab terjadinya kematian ibu atau kanker serviks adalah karena infeksi dan ini bisa terjadi saat menstruasi," lanjut dr Eni.

Baca juga: Pijat Tangan untuk Redakan Nyeri Haid, Benarkah Bermanfaat?

Pemerintah sendiri memang terus berusaha untuk meningkatkan akses terhadap sanitasi. Di sekolah misalnya Unit Kesehatan Sekolah (UKS) akan dioptimalkan untuk membuat siswi-siswi dapat nyaman bersekolah meski tengah menstruasi misal dengan menyediakan pembalut.

Di tempat-tempat lain juga sebetulnya harus tersedia tempat sampah khusus di toilet. Dengan demikian para perempuan dapat membuang pembalut bekasnya dengan aman.

"Sekali lagi ini adalah kali pertama Kementerian Kesehatan melaksanakan terkait manajemen kebersihan menstruasi atau menstrual hygiene day. Sebagai upaya kami untuk mensosialisasikan bahwa menstruasi adalah kegiatan fisiologis yang perlu mendapat perhatian," pungkas dr Eni.

Baca juga: Ini Sebabnya Ada yang Merasa Nyeri Menstruasi dan Ada yang Tidak (fds/vit)