Jumat, 26 Mei 2017 19:09 WIB

Kebersihan Tak Dijaga, Penyakit Ini Bisa Menyerang Saat Menstruasi

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Menstruasi adalah peristiwa fisiologis yang dialami oleh setiap perempuan di seluruh dunia. Meski menstruasi adalah hal yang normal terjadi namun bukan berarti bisa disepelekan.

Dijelaskan oleh dr Frida Soesanti, SpA(K), dari Satgas Remaja Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) bahwa bila higiene saat menstruasi tak dijaga ada berbagai risiko penyakit yang mengintai. Salah satunya adalah risiko infeksi.

"Yang perlu diketahui kalau kita menstruasi itu kan ada darah. Dibiarkan lama darah itu tempat paling baik untuk kuman tumbuh," kata dr Frida.

"Di kulit kita sudah ada kuman yang begitu makin lembap, karena ada darah menstruasi, kalau higiene tidak dijaga dengan bagus akan jadi infeksi. Bisa jamuran itu yang paling sering tuh kalau sudah mulai gatal-gatal," lanjut dr Frida dalam temu media Hari Kebersihan Menstruasi Dunia di Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (26/5/2017).

Kasus infeksi yang berbahaya adalah bila kuman menyebar ke dalam tubuh. Pada beberapa kasus diketahui infeksi dari vagina bisa ke bagian atas menyerang saluran kemih hingga ginjal.

Baca juga: Masih Jarang Dibahas, Yuk Mulai Perhatikan Kesehatan Menstruasi

Direktur Kesehatan Keluarga, Kementerian Kesehatan, dr Eni Gustina, MPH, menambahkan selain itu risiko terjadinya kematian ibu dan kanker serviks juga bisa dihubungkan dengan higiene menstruasi yang tak terjaga.

"Bagaimanapun kebersihan menstruasi sangat penting. Salah satu penyebab terjadinya kematian ibu atau kanker serviks adalah karena infeksi dan ini bisa terjadi saat menstruasi," pungkas dr Eni.

Baca juga: Risiko Nekat Berhubungan Intim di Masa Nifas (fds/vit)