Minggu, 28 Mei 2017 10:18 WIB

Ini yang Perlu Disesuaikan Jika Ingin Olahraga Saat Puasa

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Olahraga sangat penting dilakukan guna menyehatkan badan. Namun di bulan Ramadan ketika umat Muslim sedang berpuasa, ada hal-hal yang mesti diperhatikan lho.

Menurut pakar kesehatan dan nutrisi, Mochamad Aldis Ruslialdi, SKM, CNWC, ada tiga hal yang mesti diperhatikan saat akan berolahraga saat menjalankan puasa Ramadan. Pertama adalah persiapan berolahraga, termasuk di antaranya dalam memilih menu sahur.

"Ketika berencana berolahraga maka persiapkan tubuh dengan sahur makanan yang berkualitas," ucap Aldis dalam temu media di Plaza Senayan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Baca juga: Puasa Tak Halangi Masyarakat untuk Tetap Olahraga di Car Free Day

Hal kedua yang mesti diperhatikan adalah pemilihan waktu. Sebab menurut Aldis memilih waktu di siang hari seperti pukul 12 siang akan menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi.

Oleh karena itu ia menyarankan untuk melakukan olahraga di waktu terdekat dengan saat buka puasa, sambil sekalian ngabuburit.

Ini yang Perlu Disesuaikan Jika Ingin Olahraga Saat PuasaIntensitas olahraga juga perlu disesuaikan saat puasa (Foto: thinkstock)


Nah, yang terakhir adalah perhatikan beban berolahraga karena sebaiknya beban olahraga saat puasa Ramadan dikurangi sebanyak 40 persen. Ia mencontohkan seperti mengurangi durasi atau untuk olahraga kardio mengurangi kecepatan sebanyak 40 persen.

"Jadi sebenarnya olahraga masih bisa dilakukan kala berpuasa ya," pungkas Aldis.



Baca juga: Jangan Lakukan Hal Ini Saat Sahur Agar Tidak Bau Mulut

(up/up)