Kamis, 01 Jun 2017 17:44 WIB

Kata Ahli Gizi tentang Asupan Santan dan Gorengan Saat Berbuka

Bagus Kurniawan - detikHealth
Foto: iStock
Jakarta - Saat berbuka puasa tiba, kadang semua makanan yang dihidangkan dihabiskan semua. Justru yang dianjurkan untuk minum manis, hangat dan makanan ringan serta mengandung cukup air untuk memenuhi kebutuhan cairan yang telah habis saat berpuasa.

"Hindari makanan dengan kandungan lemak tinggi seperti gorengan, makanan atau minuman bersantan," ungkap Ahli Gizi Universitas Gadjah Mada (UGM) Dr Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih, S.Gz, RD, MPH.

Dia mengatakan memakan makanan gorengan diperbolehkan, namun harus dibatasi. Demikian pula makanan yang mengandung santan juga harus dibatasi.

"Makanan yang menggunakan santan jangan terlau kental agar tidak memberi beban dan kontribusi lemak tinggi dalam tubuh," kata Mirza di Departemen Gizi Kesehatan, Fakultas Kedokteran UGM.

Baca juga: Mau Langsing di Bulan Puasa? Hindari Makan Gorengan Ya

Salah satu contoh minuman bersantan adalah es cendolSalah satu contoh minuman bersantan adalah es cendol (Foto: dikhy sasra)


Menurut dia mengkonsumsi makanan yang kaya serat sangat dianjurkan pula saat berbuka seperti buah-buahan. Selain itu juga saat berbuka diusahakan untuk menghindari penambahan gula secara berlebih. Sebab makanan ataupun minuman yang terlalu manis justru dapat menyebabkan rasa lelah dan kantuk.

"Sebaiknya juga menghindari makan berat karena bisa menimbulkan gangguan lambung. Jika ingin makan berat bisa dilakukan setelah salat tarawih dengan porsi tidak berlebihan," ungkap dosen Prodi Gizi Kesehatan UGM ini.

Baca juga: Yuk Simak! Trik Jitu Atasi Keinginan Ngemil Gorengan

(bgs/up)